Ternyata Ini Penyebab Gempa Besar Magnitudo 7 di Kepulauan Talaud Sulut

FTNews – Penyebab gempa bumi Magnitudo 7 yang mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (9/1) pukul 03.48 WIB dini hari tadi akhirnya terungkap.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  menunjukkan gempa memiliki parameter update dengan magnitudo M 6,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,92° LU ; 126,33° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 97 Km arah Barat Laut Kota Melonguane, Sulawesi Utara pada kedalaman 97 km.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7 Getarkan Kepulauan Talaud Sulut Dini Hari

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa menengah. Ini akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Laut Maluku,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya, Selasa (9/1).

Dari hasil analisis mekanisme sumber lanjutnya, menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik ( oblique thrust ).

Tak hanya itu, gempa bumi tersebut ternyata juga terasa di Kota Kep. Sangihe dan Kep. Talaud.

Dengan skala intensitas skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah), Bitung, Halmahera Utara dan Manado dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Artikel Terkait