Bye Jakarta! HUT ke-79 RI Bakal Berlangsung di IKN

FTNews – HUT ke-79 RI dipastikan bakal berlangsung di ibu kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan, Istana Kepresidenan telah menggelar rapat dengan semua kementerian, lembaga dan TNI serta Polri soal persiapan HUT ke 79 Republik Indonesia yang akan berlangsung di IKN.

“Tadi kami bicarakan sudah mulai masuk ke detail-detailnya. Dan kami berkomitmen untuk melakukan semua rangkaian bulan kemerdekaan. Yang biasanya ada di Jakarta, jadi di IKN,”ujar Setya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/1).

Ia mengatakan, persiapan sudah mulai saat ini. Karena ada ketentuan-ketentuan yang harus dilaksanakan agar penyelenggara HUT ke-79 RI di IKN terselenggara dengan baik.

“Kita punya waktu 8 bulan dan seperti biasanya memang di Jakarta pun di Istana Negara Jakarta pun kita lakukan persiapan jauh-jauh hari. Nah, untuk di IKN kita harus mulai dari Januari ini,” kata Setya.

Desain Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Kalimantan Timur. Foto: Tangkapan layar Youtube Nyoman Nuarta

Sejalan, Ketua Panitia HUT ke 79 RI Heru Budi Hartono mengatakan bahwa penyelenggaraan di IKN akan mulai sejak 1 Agustus hingga 18 Agustus 2024. Terrmasuk di dalamnya upacara pada tanggal 17 Agustus.

Pria yang menjabat Kepala Sekretariat Presiden ini juga meminta kepada BPIP untuk menyiapkan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka).  Agar mereka bisa berlatih sebelum mendekati bulan Agustus.

“Saya minta kepada BPIP terkait dengan Paskibra yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei, saya minta lebih cepat lagi. Trmasuk juga pasukan inti sudah mulai ada dari TNI kalau bisa dari Maret sudah mulai ada,”ucapnya.

Sehingga kata Heru,  latihannya akan bisa mulai sedini mungkin mengingat ini adalah kali pertama pelaksanaan HUT RI bukan di Jakarta.

BACA JUGA:   Ketua RT Tersinggung Tidak Dapat Laporan Aksi Saling Tembak

“Yang pertema mungkin latihannya ada di Jakarta. Ada simulasi mirip seperti di IKN dan lanjut nanti persiapan persiapannya di bulan Juni, Juli dan Agustus,” imbuhnya.

Artikel Terkait