Mendarat di Filipina, Jokowi Bakal Bertemu Marcos Jr Hari Ini

FTNews – Usai menempuh penerbangan selama 4 jam, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan terbatas mendarat di Colonel Jesus Villamor Air Base, Manila, Filipina, Selasa (9/1) malam.

Jokowi akan mengawali hari kedua kunjungan resminya di Filipina dengan bertemu Presiden Ferdinand Marcos Jr. di Istana Malacañang, Manila, hari ini, Rabu (10/1).

Selain bertemu orang nomor satu di Filipina, Jokowi juga diagendakan untuk mengunjungi Kopiko Philippines Corporation yang terletak di Kota Calamba.

Dari situ, Jokowi dan rombongan akan menuju Kota Manila untuk meninjau pabrik W Hydrocolloids Inc.

Selesai melakukan peninjauan, Jokowi akan kembali menuju hotel di Manila untuk bermalam dan melanjutkan kegiatan esok hari.

Bakal Kunjungi 3 Negara

Sebelumnya, presiden diagendan melakukan rangkaian kunjungan kerja ke tiga negara, yaitu ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Ia berangkat melalui Bandar Udara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Selasa (9/1) siang.

“Siang hari ini saya dan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Filipina, ke Vietnam, dan ke Brunei Darussalam. Kunjungan terakhir ke ketiga negara ini sudah lebih dari lima tahun yang lalu,”ujar Jokowi.

Lebih lanjut, kunjungan kerja ke Filipina katanya juga dilakukan dalam rangka peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Filipina.

Filipina, lanjutnya, merupakan mitra penting perdagangan Indonesia karena banyak produk alutsista Indonesia yang dibeli oleh Filipina dan Indonesia juga berinvestasi di Filipina cukup siginifikan.

 

Artikel Terkait