Rekor Main HP 6 Jam: Ada Efek Buruk Kesehatan Mata dan Psikologis

FTNews – Indonesia pecah rekor, penggunaan handphone (HP) capai 6 jam per hari dan menjadi rekor tertinggi di dunia.

Berdasarkan State of Mobile 2024 yang data.ai rilis Indonesia menempati posisi pertama. Laporan yang dikeluarkan baru-baru ini tersebut, membuat Indonesia tak beranjak dari posisi tahun 2023 yang juga menduduki peringat pertama.

Sementara itu posisi negara di bawah Indonesia berdasarkan survei itu di tahun 2024 yakni Thailand, Argentina, Arab Saudi dan Brasil. Negara-negara tersebut memakai HP mencapai 5 jam per hari.

Masih berdasarkan data.ai itu, orang Indonesia juga berada di peringkat atas, yakni kelima dalam urusan download aplikasi.

Sepanjang tahun 2023, sebanyak 7,56 miliar kali aplikasi masyarakat Indonesia unduh.

Padahal ada waktu screen time ideal berdasarkan jenjang usia. Mengutip berbagai sumber, bayi 0-24 bulan sebaiknya tidak terpapar layar smartphone.

Anak 2-3 tahun tidak lebih dari 30 menit, perbanyak konten edukatif. Anak 3-5 tahun tidak lebih dari 1 jam, konten pendidikan dan hiburan diperbolehkan.

Lalu anak lebih dari 5 tahun maksimal 2 jam pastikan imbangi dengan aktivitas luar ruangan. Remaja dan dewasa maksimal 257 menit atau 4 jam 17 menit.

Praktisi kesehatan masyarakat Ngabila Salama mengungkapkan, gadget berbahaya untuk kesehatan mata.

Untuk anak tidak boleh lebih dari 2 jam perhari. Ada ketentuan 20 20 20. Artinya, setiap 20 menit melihat screen itu harus memandang sejauh 20 kaki atau sekitar 8 meter selama 20 detik.

“Juga efek adiktif secara psikologi tidak baik ganggu aktivitas lain seperti bermain, belajar berinteraksi dengan keluarga,” katanya kepada FTNews, baru-baru ini.

Kalau game akan memicu kecanduan dan mengganggu prestasi belajar di sekolah.

Artikel Terkait