WhatsApp Luncurkan Fitur Baru, Bisa Ubah Format Chat

FTNews – WhatsApp tengah menguji fitur barunya berupa format teks yang bisa digunakan dalam ruang obrolan. Terjadi beberapa perubahan akibat fitur baru WhatsApp, yakni terdapat format teks untuk mengubah tata letak dari pesan yang terkirim.

Kehadiran format teks baru untuk mengubah tata letak ini terendus oleh situs pembocor, yaitu WABetaInfo. Versi WhatsApp 2.24.2.9  pada Android dan di iOS versi 23.21.1.75 akan dapat mencoba fitur ini.

Terdapat tiga format teks yang akan tampil, yakni “Code block”, “Quote block”, dan “Lists”. Code block merupakan format untuk membaca kode pemrograman. Fungsi ini dapat memudahkan pengguna untuk membuat huruf pada teks menjadi lebih besar dengan latar belakang abu-abu. Caranya, pengguna bisa mengapit teks pada kolong pesan dengan tanda petik satu (‘) untuk menggunakannya.

Quote block, dapat digunakan membalas bagian tertentu dalam pesan. Fitur ini membuat teks dilengkapi garis vertikal pada sisi kiri. Kata yang muncul akan berubah warna  menjadi abu-abu, bukan hitam seperti pesan biasa. Untuk menggunakan Quote block, pengguna cukup menambahkan tanda “>” pada awal pesan dan ketuk tombol spasi dan tulis pesan yang ingin dikirimkan.

Terakhir, List berguna untuk mengatur informasi dengan tertata. Pengguna memulai pesan dengan tanda “*”, “-“, atau angka untuk membuat daftar berurutan.

Meski demikian fitur ini belum tersedia untuk semua pengguna. Fitur baru WhatsApp ini bisa pengguna coba melalui WhatsApp web. Secara resmi fitur baru WhatsApp ini akan rilis dalam beberapa minggu lagi.

Sejak 2016 Format Teks Lain Sudah Hadir

WhatsApp sudah merilis format teks sejak 2016. Pengguna bisa memanfaatkan fitur teks untuk membuat kata atau kalimat menjadi miring (italic) atau tebal (bold).

BACA JUGA:   Jangan Terlibat Spam, WhatsApp akan Batasi Pengiriman Pesan

Untuk menggunakannya pengguna hanya cukup menambah tanda “*” untuk menebalkan teks dan membuat miring dengan memberikan tanda “_”. Kedua format ini juga dapat dikombinasikan dalam satu pesan.

Fitur WhatsApp Baru Mengubah Tampilan Antarmuka

Sebelumnya beredar kabar WhatsApp tengah menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan antarmuka (UI). Pengguna bisa mengubah tampilan antarmuka dengan lima pilihan warna, yakni hijau, biru, putih, pink, dan ungu. 

Perubahan warna ini juga berlaku untuk tombol “New Chat“, tombol menelepon, dan lain sebagainya. Fitur baru ini terdeteksi oleh situs yang sering membocorkan fitur yang tengah WhatsApp garap, WABetaInfo.

WABetaInfo menyebut, fitur ini akan muncul pada sistem operasi iOS versi beta 24.21.1.70 di Testflight. Testflight sebuah program uji coba untuk pengguna Apple dalam mencoba fitur baru.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...