Ada Retakan, Pesawat Boeing ANA Terpaksa Putar Balik dan Mendarat

FTNews – All Nippon Airways (ANA) terpaksa memutar balik dan mendaratkan pesawatnya setelah adanya retakan pada jendela cockpit. Retakan tersebut berada di empat lapisan terluar di jendela tersebut.

Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Melansir dari BBC, pesawat dengan nomor penerbangan NH1182 ini direncanakan terbang dari Sapporo ke Toyama. Pesawat Boeing 737 ini harus kembali ke bandara di Sapporo, Bandara New Chitose pada pukul 12.30 waktu lokal.

“Retakan tersebut tidak mempengaruhi kontrol pesawat ataupun tekanan udara di dalam pesawat,” ujar juru bicara dari ANA.

Juru bicara dari ANA juga mengatakan bahwa mereka menemukan retakan tersebut saat melintasi Hakodate. Seorang ahli dalam penerbangan, John Strickland, mengatakan retakan tersebut masih belum diketahui sumbernya.

“Ini (retakan di jendela) memang jarang terjadi. Bisa jadi karena ada yang membentur jendela, seperti burung, hujan es, itu semua pernah terjadi. Terkadang ini bisa terjadi karena stres atau keausan, tetapi itu sangat jarang,” ungkapnya.

Meski masih berada di bulan Januari, Boeing 737 sudah mengalami dua insiden. Insiden pertama terjadi di Alaska ketika panel kabin meledak dan meninggalkan lubang yang besar di badan pesawat.

Artikel Terkait