Sederet Menu Sarapan Warga +62, Mana Favoritmu?

FTNews – Sarapan atau makan saat pagi menjadi rutinitas yang biasanya dilakukan sebelum beraktivitas. Dalam memilih menu makanan, setiap negara punya ciri khas berbeda.

Ciri ini biasanya dipengaruhi kebiasaan dan budaya yang telah menyebar di lingkup masyarakat tersebut.

Misalnya di Indonesia, mengonsumsi menu dengan karbohidrat tinggi sudah menjadi hal biasa di pagi hari. Yang paling populer adalah nasi goreng.

Tapi tak hanya nasi goreng, beberapa menu ini juga masuk dalam list makanan pagi warga +62. Nah, kalau kamu biasanya sarapan dengan menu yang mana?.

Nasi Goreng

Nasi yang digoreng dengan bumbu seperti bawang, bawang putih, kecap manis, dan kadang-kadang tambahan daging atau udang. Sebagai opsi, kadang ada tambahan dengan telur mata sapi, irisan mentimun, dan kerupuk tergantung selera.

Nasi Goreng/freepik

Bubur Ayam

Bubur nasi yang dimasak hingga lembut, disajikan dengan potongan ayam, daun bawang, bawang goreng, kerupuk, dan kecap manis. Bisa ditambahkan dengan irisan ketupat atau cakwe.

Mie Goreng

Mie yang digoreng dengan bumbu seperti bawang, kecap manis, saus cabai, dan kadang-kadang tambahan sayuran, telur, atau daging. Biasanya disajikan dengan irisan timun dan kerupuk.

Soto

Sup yang berisi potongan daging (biasanya ayam atau sapi), ditambah nasi, telur rebus, tauge, bawang goreng, dan seledri. Disajikan dengan kuah yang kaya rempah-rempah.

Soto ayam Indonesia. Foto: canva

Ketoprak

Campuran ketupat, tahu, bihun, dan sayuran seperti tauge, dengan siraman saus kacang kental dan bumbu kacang, serta taburan bawang goreng dan kerupuk

Lontong Sayur

Lontong (nasi yang dibungkus daun pisang) disajikan dengan kuah sayur berbahan dasar kelapa, dan tambahan seperti tahu, tempe, dan telur rebus.

Roti Bakar

Roti yang dipanggang dengan isian berbagai topping seperti selai kacang, keju, atau meses. Sering di santap dengan teh atau kopi.

BACA JUGA:   Ini Dia! Bir Non-Alkohol Asal Betawi Penuh Kearifan Lokal

Bakso

Bakso (bola daging) direbus dan tersaji dalam kuah kaldu, sering dengan tambahan mie, tauge, bawang goreng, dan saus kacang.

Itu tadi beberapa menu sarapan masyarakat Indonesia. Hanya preferensi saja sebab setiap daerah, biasanya juga punya menu khas yang mereka santap sebagai sarapan di pagi hari.

Artikel Terkait

Menyantap Lemang Khas Kota Tebing Tinggi

FT News- Tak lengkap rasanya jika melintas ke Kota...

Kelezatan Soto Madura: 3 Tempat Kuliner Legendaris di Jakarta yang Wajib Dicoba

Soto Madura adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia yang...

Youtuber IShowSpeed Coba Kopi Khas Indonesia, Kopi Luwak

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...