2.304 Personel Gabungan Amankan Aksi Kepala Desa di Depan Gedung DPR

FTNews – Sejumlah personel gabungan siap mengamankan jalannya Aksi Bersama Desa Jilid III yang massa Asosiasi Kepala Desa (APDESI) gelar di depan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (31/1).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyebutkan telah menunjuk ribuan personel untuk siaga dalam aksi tersebut.

“Dalam pengamanan ini kami melibatkan sejumlah 2.304 personel gabungan,” jelas Susatyo, dalam keterangannya, Rabu (31/1).

Lebih lanjut Susatyo menjelaskan, personel gabungan ini terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI dan instansi terkait.

Kemudian para personel yang tergabung dalam pengamanan akan pihaknya tempatkan di sejumlah titik Gedung DPR dan sekitarnya.

“Kami juga mengantisipasi jangan sampai nanti massa masuk dan menutup jalan tol yang berada di depan Gedung DPR. Pemadam kebakaran sudah kami siapkan untuk mengantisipasi bila nanti massa melakukan aksi bakar ban,” ungkap Susatyo.

Rekayasa Lalu Lintas

Selain pengamanan, polisi juga memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa penutupan dan pengalihan arus jika situasi di sekitar Gedung DPR tidak kondusif.

“Untuk penutupan arus lalu lintas di sekitar DPR situasional, melihat perkembangan dinamika di lapangan. Bila nanti di depan DPR massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan penyekatan di Pulau Dua,” jelas Susatyo.

Susatyo mengimbau kepada massa aksi untuk melakukan aksi dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban. Harapannya kegiatan dapat berjalan dengan aman dan tertib.

“Seluruh personel yang terlibat pengamanan juga diimbau untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi. Utamakan negoisasi dan pelayanan serta humanis,” tutup Susatyo.

Dalam unggahan media sosial Instagram pada akun @tmcpoldametro, tertulis pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB, para pengendara diminta menghindari Jalan Gatot Subroto depan Gedung DPR/MPR RI dan seputaran Gelora Bung Karno.

BACA JUGA:   Antisipasi Tawuran, Polda Metro Jaya Bakal Lakukan Ini

“Pengendara diminta menghindari jalan dikarenakan ada giat penyampaian pendapat oleh kelompok masyarakat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih,” tulis keterangan dalam akun.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...