Kampanye Gibran Rakabuming di Bandung: Naik Motor, ‘Nyeblak’ dan Beli Produk Lokal

FTNews – Calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, melakukan kampanye di Kota Bandung pada hari Selasa (30/1). Gibran menghadiri sebuah acara bernama “Gimik Hilirisasi Digital Gibran Startup Digital Showcase” bersama Ketua Tim Kampanye Daerah Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Sebelum menghadiri acara tersebut, Gibran dan Ridwan sempat berkendara mengelilingi Kota Bandung dengan motor Royal Enfield. Lalu, mereka mampir untuk makan siang di Warung Bu Imas, kawasan Dewi Sartika.

Agenda Kampanye Gibran di Bandung

Gibran saat menghadiri acara “Gimik Hilirisasi Digital Gibran Startup Digital Showcase”. Foto: Instagram/gibran_rakabuming

Banyak pelaku ekonomi yang datang untuk menampilkan produk-produk mereka. Bahkan, ada sebuah developer gim konsol dan online yang produknya sudah go international, yaitu Agate.

“Saya ingin belajar dari Bandung. Kami melihat di Bandung itu ekosistemnya udah jalan, infrastrukturnya udah jalan, manusia-manusia SDM-nya udah jalan. Jadi tinggal dibikin lompatan yang lebih jauh lagi,” kata Gibran.

Gibran mengaku kagum dengan ekosistem ekonomi digital di Kota Bandung. Ia juga mengatakan bahwa Kota Bandung adalah kota yang paling siap dalam pengembangan ekonomi digital.

Setelah dari acara ini, putra sulung dari Presiden Jokowi ini menghadiri sebuah acara di The Hallway Space, Kosambi. Acara ini berjudul “Kreatif Gibran, Euy: Hilirisasi UMKM Ekraf”.

Gibran saat mengunjungi salah satu UMKM di Pasar Kosambi. Foto: Instagram/gibran_rakabuming

“Yang jelas kami senang sekali ekosistem di sini sudah terbentuk. Anak-anak muda kreatif, bahkan orang tua juga kreatif,” ungkap wakil dari calon presiden Prabowo Subianto ini.

“Di Bandung bisa ditiru ke nasional. UMKM kita banyak banget, lebih dari 60 juta, yang juga penyumbang PDB terbanyak. Ada yang kecil-kecilan, macem-macem. Pemerintah harus intervensi, supaya naik kelas,” jelas Gibran.

Gibran saat makan seblak di Pasar Kosambi. Foto: Instagram/gibran_rakabuming

Dalam acara ini, Gibran bertemu dengan banyak pelaku ekonomi kreatif. Selain bertemu, ia pun juga berbelanja di sejumlah kios, bahkan hingga makan seblak.

BACA JUGA:   Senyum Sumringah Hasto Kristiyanto Dengar Putusan MK Nomor 60: Ini Angin Segar

Acara terakhir, Gibran mengunjungi Hutan Mycelia di Lembang, Bandung. Gibran bersama rombongannya dipandu oleh pemandu wisata mengunjungi lokasi wisata tersebut di tengah gerimis.

Ia mengatakan bahwa konsep ini sangat bagus. Saking bagusnya, Gibran mengatakan bahwa ia ingin mencuri ide tersebut untuk Solo Safari.

Gibran saat mengunjungi Hutan Mycelia. Foto: Instagram/gibran_rakabuming

“Ini konsepnya keren banget sih, main gamelan di pinggir danau. Segala macam api unggun ini keren banget sih. Nanti konsepnya saya curi ya,” kata Gibran.

“Nggak-nggak, kita banyak belajar dari sini. Ini keren banget ini. Nggak, saya beneran nggak tahu kalo saya ke sini ke destinasi wisata,” ungkap Gibran dengan penuh ketakjuban.

Sebagai penutup acara, sebelum ia menuju ke tempat penginapannya, Gibran memampirkan diri ke Braga untuk ngopi.

Artikel Terkait