eTimnas Hadapi Thailand di Semifinal AFC eAsian Cup 2023

FTNews – eTimnas Indonesia sukses melaju ke babak semifinal AFC eAsian Cup 2023 setelah kalahkan Uni Emirat Arab 6-1 di babak 8 besar. Ajang tersebut berlangsung di Virtuocity Arena, Doha, Qatar pada Minggu (4/2).

Skuat Garuda, Rizky Faidan dan Elga Cahaya tersebut tampil dengan sangat baik dalam melawan duet UEA, Saeed Mohammed dan Ali Murad.

Permainan yang kompak, berhasil membawa mereka ke tahap yang lebih menegangkan dan bertemu dengan tim Thailand pada, Senin (5/2) di Virtuocity Arena, Doha, Qatar.

Pada awal babak pertandingan Tim Indonesia berhasil meraih kedudukan 2 gol, lewat serangan bertubi-tubi yang Skuat Garuda lakukan. Bahkan ada satu gol yang Indonesia berikan, namun tertangkap kamera sebuah offside. Sehingga gol tersebut tidak sah.

Bahkan pertandingan awal tersebut Indonesia berhasil mendominasi pertandingan. Walaupun ada serangan dari UEA, namun hal tersebut mudah untuk eTimnas tangani.

Babak kedua Indonesia sempat menggantikan pemain yakni, Akbar Paudie yang masih memiliki kondisi prima. Kemudian menambah kedudukan yang semula 2-0. Menambahkan hingga 6-1 yang membuat UEA kalah telak dari Indonesia.

Di sisi lain Thailand berhasil menang tipis melawan Uzbekistan 2-1. Dengan hal tersebut memungkinkan Tim Indonesia berpeluang meraih menang saat melawan Thailand.

Arena AFC eAsia Cup 2023. (Foto:PSSI)

Sebelumnya eTimnas berhasil mengalahkan Korea Selatan dalam dua pertandingan sebanyak 2-0 untuk Indonesia. Serta 0-2 Indonesia tetap memimpin game tersebut. Pada pertandingan tersebut eTimnas Indonesia menurunkan Elga-Faidan.

Rizky mengatakan bahwa ia sangat bersyukur bisa lolos menuju babak semifinal. Setelah melewati berbagai macam tim-tim yang terbilang kuat. Namun, mereka berhasil mengalahkannya.

“Pertandingan yang menarik, tetapi jujur ini hari yang berat karena kami bertanding dua kali, masing-masing di babak 16 besar dan perempat final. Yang terberat tentu saja perempat final, karena tim-tim yang berada di babak perempat final adalah tim-tim kuat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Tragedi Kanjuruhan, Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 Berpotensi Dicabut

Tentang eTimnas Indonesia

Dewasa ini, berbagai negara berlomba-lomba untuk mengembangkan potensi esports. Indonesia merupakan salah satunya. Bahkan, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kini mempunyai eTimnas Indonesia khusus untuk Esports.

Mengutip laman PSSI, meskipun baru dua tahun berdiri, eTimnas Indonesia tercatat telah berhasil mengukir prestasi di berbagai kejuaran internasional, seperti peringkat 2 FIFAe Nations Online Qualifiers 2021 zona Asia dan Oseania. Lalu lolos ke babak final FIFAe Nations Series 2021 mewakili zona Asia dan Oseania, dan prestasi lainnya.

Tentu saja tidak berhenti sampai di sini, ada banyak prestasi-prestasi lain yang ingin dicapai oleh eTimnas Indonesia.

Berbagai upaya terus dilakukan agar eTimnas Indonesia berhasil lolos, seperti menjaga mentalitas dari atlet, memastikan kesiapan atlet yang akan bertanding, kesiapan infrastruktur, sampai koneksi internet.

Koneksi dan stabilitas internet merupakan salah satu poin krusial, karena menunjang kelancaran selama pertandingan dengan atlet dari negara lain.

Artikel Terkait