Cetak Sejarah, Indonesia Juarai AFC eAsian Cup 2023

FTNews – Meskipun tim sepakbola Indonesia harus gugur di babak 16 besar, namun cabang esport Indonesia berhasil menjuarai AFC eAsian Cup. Indonesia meraih gelar juara setelah memenangkan pertandingannya melawan Jepang di babak final di Virtuocity e-sport Arena, Doha, Qatar.

Menggunakan sistem best of three, Indonesia berhasil memenangkan turnamen ini dengan skor telak 2-0. Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra, dan Akbar Paudie mewakili Tim Nasional Esport Indonesia dan resmi menjadi juara perdana kompetisi esport ini.

Sebelumnya, Indonesia sudah pernah melawan Jepang sebanyak dua kali di babak grup. Indonesia kala itu berhasil meraih kemenangan sebesar 5-1 dan kekalahan 1-2.

Indonesia Vs Jepang Jilid 2

Dalam pertandingan final ini, Timnas Esport Indonesia menurunkan Rizky dan Elga untuk bermain melawan Jepang.

Di pertandingan pertama, Indonesia berhasil memperoleh keunggulan di menit ke 71 sehingga skor menjadi 1-0. Namun, Jepang berhasil menyamakan kedudukan di menit-menit akhir pertandingan yang memaksa Indonesia harus melaju ke perpanjangan waktu.

Permainan di perpanjangan waktu pun begitu alot dan tidak adanya gol yang tercipta di babak ini sehingga skor tetap imbang 1-1. Indonesia dan Jepang pun harus melanjutkan pertarungan mereka di babak penalti.

Jepang sempat berpeluang memenangkan pertandingan ketika skor penalti di 2-2, namun mereka gagal mengonversi peluang tersebut. Akhirnya, Indonesia berhasil mencetak gol dan menyelamatkan penalti dari Jepang sehingga skor akhir 3-2 untuk Indonesia.

Indonesia berhasil memenangkan pertandingan pertama dan skor sementara sekarang adalah 1-0.

Memasuki pertandingan kedua, Indonesia dan Jepang terpaksa harus imbang di paruh waktu normal pertandingan. Kedua tim gagal mencetak gol sehingga skor akhir sebelum melanjutkan pertandingan ke perpanjangan waktu adalah 0-0.

BACA JUGA:   Resmi ke Real Madrid, Mantan Pacar Mbappe Ternyata Transgender

Di babak pertama di perpanjangan waktu, Indonesia berhasil menciptakan peluang-peluang besar namun tidak dapat membuahkan hasil. Namun, Indonesia berhasil mendapatkan pelanggaran tepat di pinggir kotak penalti yang dapat membahayakan gawang milik Jepang.


Alih-alih menendang bola langsung ke dalam gawang, Indonesia mengoper bola ke pemain terdekatnya, lalu ia menendang bola ke gawang Jepang. Indonesia berhasil meraih keunggulan 1-0 melawan Jepang di babak pertama perpanjangan waktu.

“(Strategi) ini sangat cerdik, ini sangat cerdik! Ini adalah (permainan) catur, ini yang saya katakan! Ini adalah catur, bukan sepakbola,” ungkap salah satu komentator saat melihat strategi Rizky dan Elga yang cemerlang.

Indonesia berhasil mempertahankan keunggulannya hingga akhir babak kedua perpanjangan waktu. pada akhirnya, Indonesia keluar menjadi juara dengan skor 2-0 melawan Jepang.

Artikel Terkait