Terima Transplantasi Jantung, Pria Ini Pecahkan Rekor

FTNews – Seorang pria dari Belanda, Bert Janssen, menerima vonis bahwa dirinya hanya memiliki waktu hidup sekitar enam bulan saja.

Setelah hidup hampir selama empat dekade, pria ini berhasil memecahkan Guinness World Record sebagai penerima transplantasi jantung yang bertahan hidup terlama.

Melansir Reuters, Janssen mengidap kardiomiopati di umurnya yang ke-17. Kardiomiopati merupakan kelainan pada jantung yang membuat dirinya kesulitan untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya.

“Saya ingin menjadi contoh bagi orang-orang,” ungkap Janssen dalam wawancara bersama Reuters.

Ia menjadi contoh manusia dengan transplantasi jantung yang dapat bertahan hidup hingga hampir 40 tahun ini sangat memungkinkan.

Pada tahun 1984, Belanda belum pernah melakukan transplantasi jantung sama sekali. Oleh karena itu, Albert Mattart, seorang kardiologi, merujuk Janssen untuk ke Rumah Sakit Harefield di Inggris.

Pada bulan Juni, Janssen menerima transplantasi jantungnya. Ia menerima jantungnya setelah dua orang dewasa muda mengalami kecelakaan mobil yang berujung merenggut nyawa mereka.

Bert Janssen bersama istrinya. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw.

Saat itu, salah satu pionir dalam bidang transplantasi, Magdi Yacoub, melakukan operasi transplantasi Janssen.

“Saya menganggap hari itu lebih penting dari hari ulang tahun saya,” ungkap Janssen yang kini sudah menginjak 57 tahun.

Kini, Janssen sudah menikah dan memiliki dua orang anak. Selain itu, ia juga adalah seorang penggemar olahraga ekstrem, yaitu pilot dari glider.

Meskipun ia hidup dengan sehat selayaknya manusia sehat, namun medikasi jantungnya memiliki efek samping. Beberapa tahun terakhir, ia harus mengubah gaya hidupnya akibat efek samping tersebut.

Casper Eurlings, dokter jantung Janssen, mengatakan bahwa ekspektasi hidup seorang penerima transplantasi jantung adalah 16 tahun. Namun, Janssen menerima Guinness World Records setelah hidup selama 39 tahun dan 100 hari setelah transplantasi jantung.

BACA JUGA:   Korban Kekerasan Seksual Diminta Berani Melapor

Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Harold Sokyrka pada tahun 2021 dengan umur 34 tahun dan 259 hari.

“Para penerima transplantasi harus hidup secara sehat dan aktif. Itu yang Janssen lakukan,” ungkap Earlings.

Artikel Terkait