Presiden Harap Produktifitas dan Pendapatan Petani Meningkat

Forumterkininews.id, Temanggung – Presiden Joko Widodo meninjau lumbung pangan (food estate) di Desa Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, (14/12). Selain meninjau Food estate, Jokowi juga ikut menanam bawang bersama petani dan warga sekitar.

Setelah meninajau food estate, dirinya berharap produktivitas dan pendapatan para petani dapat terus meningkat. Pasalnya dengan food estate, diharapkan para petani dan pemangku kepentingan bisa mengatur ketersediaan barang.

“Dengan produktivitas yang makin baik, diharapkan pendapatan petani meningkat. Ini akan saya lihat setelah panen,” ujar Presiden di lokasi penanaman.

Selanjutnya, Kepala Negara memastikan petani yang menanam bawang di lahan seluas 339 hektare tersebut mendapat untung. Presiden menambahkan, para petani juga akan mendapatkan pendampingan dari Kementerian Pertanian.

“Kita pastikan jika sudah panen sudah, berarti per hektare mendapatkan berapa ton. Kemudian ongkos produksinya berapa. Sehingga ketemu betul para petani memang mendapatkan keuntungan dari menanam bawang merah ini,” ucap Kepala Negara.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya menyiapkan penyalur (offtaker) yang akan membeli sehingga kepastian harga dari bawang merah tersebut terjamin.

“Paling penting juga disiapkan off taker yang membeli bawang merah yang telah ditanam, sehingga kepastian harga, kepastian yang membeli itu ada dan harga yang ada tidak dipermainkan tengkulak,” tuturnya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penanaman bawang bersama tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq.

Artikel Terkait