Jokowi: Indonesia Segera Kirim Bantuan ke Gaza Lewat Udara

FTNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza.

Bantuan tersebut akan pemerintah kirim dengan pesawat Hercules melalui jalur udara.

“Karena Indonesia merupakan salah satu negara yang di beri kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza. Ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit,” kata Jokowi usai peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) di Jawa Timur, Jumat (8/3).

Pemerintah Indonesia, lanjutnya, akan terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina.

“Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban masyarakat Gaza,”ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan tersebut di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan.

Dalam simulasi tersebut, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

“Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules. Dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan didrop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah simulasi dan saya melihat hasilnya baik,”paparnya.

Kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 saat hendak kirim bantuan ke Palestina, di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), pada Kamis (18/1/2024). Foto: Istimewa
Bantuan ke Gaza

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto atas nama pemerintah mengirimkan bantuan logistik untuk Palestina. Melalui kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyoningrat-992 di Dermaga Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Kamis (18/1).

“Hari ini atas nama pemerintah dan juga saya menyampaikan salam dari Presiden RI, Joko Widodo pada hari ini saudara akan berangkat melaksanakan tugas kemanusiaan. Yaitu menyampaikan bantuan kepada saudara kita di Palestina di Gaza yang sedang mengalami musibah besar. Penderitaan besar mendapat serangan bertubi-tubi yang di luar batas kemanusiaan tanpa memperhatikan hukum-hukum internasional,” kata Prabowo.

BACA JUGA:   Fakta Baru KDRT Cut Intan: Orang Tua Armor Toreador Diduga Tutup Mata

Bantuan logistik itu berupa bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, dan perlengkapan ibadah.

Sementara itu pihaknya juga masih terus menyiapkan bantuan lain yang nantinya akan dikirimkan kembali ke Palestina salah satunya menggunakan pesawat melalui lintas udara.

“Iya ini sedang kita siapkan semua (bantuan di lapangan). Yang kita laksanakan (saat ini) adalah mengirim bantuan dulu bantuan logistik obat-obatan kemanusiaan,” ungkap Prabowo.

Kemudian perjalanan ini nantinya akan memakan waktu selama 15 hari dengan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arisi – Jeddah Batam dan kembali lagi ke Jakarta.

“Saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya yaitu di sekitar Teluk Aden, Laut Merah Breksi yang saat ini sedang berkecamuk perang, bisa dikatakan perang terbuka,” ucap Prabowo.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...