Lakukan CERDIK! Puasa Sehatkan Fisik dan Mental

FTNews – Puasa ternyata mampu menyehatkan badan baik fisik maupun mental. Umat muslim bisa menerapkan CERDIK saat berpuasa.

Praktisi kesehatan masyarakat dokter Ngabila Salama mengatakan, CERDIK saat berpuasa bisa umat muslim lakukan dengan mengecek kesehatan rutin. Enyahkan asap rokok, rajin olahraga. Lalu diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stres.

“Untuk pasien yang memiliki komorbid, konsultasikan ke dokter. Pasien hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung, dan lainnya untuk penyesuaian jadwal minum obat,” katanya di Jakarta, Selasa (12/3).

Ngabila menambahkan terkait enyahkan asap rokok, puasa saat yang tepat untuk mengurangi atau berhenti merokok. Menjaga imunitas baik, tidak sesak nafas atau pun berbau.

Meski berpuasa, tubuh harus tetap bergerak. Lakukan aktivitas fisik ringan 20-30 menit sehari atau minimal 6.000 langkah per hari.

“Cukup keringat tipis saja asal menyegarkan badan. Hindari aktivitas fisik menjelang berbuka puasa. Hormon endorfin sesudah olahraga dapat membuat rileks, bahagia, produktif,” tuturnya.

Terkait diet seimbang, Ngabila menyarankan cukupi asupan cairan. Hindari the dan kopi karena bisa diuresis atau memperbanyak buang air kecil.

Ilustrasi makanan tinggi nutrisi. (Foto: Freepik)

Asupan Seimbang

Targetkan minimal 2 liter per hari setara dengan 8 gelas air putih. Makan lebih baik porsi sedikit tetapi sering (small frequent feeding).

“Berhenti makan sebelum terlalu kenyang. Asupan gula cepat bisa didapatkan dari 1-2 buah kurma, saat berbuka. Lalu makan porsi kecil sebelum tarawih, sebelum tidur, dan saat sahur. Hindari gorengan berlebih, maksimal 2 buah saja saat berbuka,” paparnya.

Banyak makan buah dan sayur yang mengandung air seperti semangka, melon, pir, apel. Hindari yang terlalu asam seperti nanas dan jeruk. batasi konsumsi gula, garam, dan lemak. Dalam sehari gula maksimal 4 sendok makan, garam 1 sendok teh, lemak 5 sendok makan.

BACA JUGA:   Keceriaan Paduan Suara JPOCC Meriahkan Grand Opening Art Moments Jakarta

“Untuk penderita maag ringan yang tidak parah dan akut, puasa justru bisa membuat maag membaik. Karena minimnya produksi asam lambung akibat lambung minim bekerja selama berpuasa,” ungkapnya.

⁠Istirahat cukup dengan tetap tidur minimal 6 jam dalam 24 jam. Hindari minum kopi dan teh untuk mencegah kafein dan menjadi banyak kencing. Maksimal tidur jam 22.00 setiap harinya.

“Kelola stres dengan beribadah yang khusyuk, bercengkrama dengan kerabat dan keluarga,” ujarnya.

Artikel Terkait