Pemda-Pelaku Pariwisata Ini Imbauan Kemenparekraf Sambut Idulfitri

FTNews – Salah satu hal yang masyarakat Indonesia tunggu-tunggu sehabis Bulan Ramadan, adalah libur Lebaran. Karena, ini merupakan salah satu liburan terpanjang yang ada di Indonesia.

Berbagai macam kegiatan bakal masyarakat lakukan untuk mengisi waktu luangnya selama libur Lebaran. Mulai hanya bersantai-santai saja di rumah, hingga pulang kampung.

Namun, biasanya banyak masyarakat perkotaan yang ingin mengunjungi keluarganya yang berada di daerah. Selain mengunjungi keluarganya, tentu menikmati pariwisata-pariwisata yang tidak ada di perkotaan.

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mendorong pemerintah daerah (pemda) serta pelaku usaha pariwisata untuk mempersiapkan hal ini.

Ia ingin pemda dan pelaku usaha pariwisata memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata dalam menyambut libur Hari Raya Idulfitri 2024.

Saat menghadiri acara “The Weekly Brief With Sandi Uno” baru-baru ini Sandiaga mewanti-wanti akan fenomena ini kepada pemda dan pelaku pariwisata.

“Kemenparekraf akan mengeluarkan surat imbauan menyambut Hari Raya Idulfitri tahun 2024 kepada seluruh pemerintah daerah dan pelaku usaha pariwisata di Indonesia,” imbaunya.

“Untuk memastikan kesiapan destinasi dan lokasi daya tarik wisata (DTW) agar dapat memberikan pelayanan yang prima,” lanjutnya.

Kemenparekraf membaca potensi pergerakan wisatawan Nusantara saat mudik Lebaran akan berjumlah 193,6 juta orang atau sekitar 71,7 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Oleh karena itu, Sandiaga mengeluarkan surat edaran yang berisikan imbauan terkait persiapan destinasi wisata dalam menyambut wisatawan.

Acara Pariwisata dari Kemenparekraf

Indonesia Fashion Week 2023. Foto: Kemenparekraf

Selain itu, Kemenparekraf juga mendukung dan mempersiapkan sejumlah acara pariwisata saat Ramadan dan Idulfitri 2024, sebagai berikut:

  1. Update e-catalogue mudik/jelajah masjid
  2. Ramadan Night Run, 16 dan 23 Maret 2024, di Jakarta
  3. Ramadan Jazz Festival, 29-30 Maret 2024, di Jakarta
  4. Indonesia Fashion Week, 27-31 Maret 2024, di Jakarta
  5. Mudik Bareng Ms Glow, 6 April 2024, di Jakarta
  6. Bakdan Neng Solo, 12-13 April 2024, di Solo
  7. Batam Wonderfood dan Art Ramadan, 9-30 Maret 2024, di Batam
  8. Aceh Ramadan Festival, 28 Maret-1 April 2024, di Aceh

Artikel Terkait