Jelang Piala Asia U-23 Garuda Muda Tingkatkan Taktikal

FTNews – Tim U-23 Indonesia meningkatkan taktikal untuk persiapan menjelang Piala Asia U-23 2024 Qatar 15 April mendatang.

Sebelumnya Garuda sudah melakukan latihan fisik serta pemulihan sesaat tiba di Dubai. Kini latihan mereka memiliki menu fokus yang berbeda.

Menu latihan taktikal yang mereka lakukan mulai dari melatih passing atau dikenal rondo. Kemudian, latihan core untuk memperkuat otot pinggul dan punggung serta sekitar perut.

@timnasindonesia

Coach Nova yang bersemangat, Rayhan Hannan yang ‘tersiksa’ 😂 #KitaGaruda #BersamaGaruda

♬ original sound – Timnas Indonesia – Timnas Indonesia

Latihan seperti ini agar para pemain di lapangan lebih memiliki kemampuan terbaiknya. Serta ketika berduel dengan lawan tidak mudah kalah.

“Untuk latihan hari kedua kami kebanyakan berlatih passing, habis passing itu rondo, terus kita masuk taktikal. Waktu siang juga kami melakukan core tambahan,” jelas pemain tim U-23 Ramadhan Sananta dalam PSSI.

Pelatih Tim U-23, Shin Tae-Yong menggenjot para pemain untuk melihat perkembangan mereka pada pertandingan uji coba terdekat, sebelum Piala Asia U-23.

Garuda akan melakoni dua pertandingan uji coba pada Jumat (5/4) melawan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, Senin (8/4) mendatang.

Pertandingan uji coba itu dapat membuat pemain mengaplikasikan strategi serta beradaptasi dengan lingkungan, sebelum mereka bertanding di laga sesungguhnya.

“Di dua hari ini kita lebih fokus ke pemulihan dan sedikit intensitas tinggi. Mungkin kita tanggal 5 (April) sudah memulai persiapan uji coba kita dan semua berjalan baik dan pemain, pelatih, antusias dan semangat,” ujar Ramadhan.

Pemain tim U-23 Indonesia, Rafael Struick berlatih. (Foto: PSSI)

Ramadhan Sananta mengatakan mereka akan melakukan yang terbaik dalam pertandingan apapun untuk Garuda. Walaupun belum seutuhnya bagus, tetapi ia berusaha akan berikan hasil terbaik.

“Tentu saja saya mungkin banyak kekurangan, dan saya harus improve diri saya buat menjadi lebih baik ke depannya.” ujarnya.

Selain itu penyerang Timnas senior itu juga menjelaskan bahwa pelatih Tim U-23, Shin Tae-Yong sangat menginginkan pemain dapat bertanding dengan baik. Sehingga Garuda akan berusaha dengan gigih saat berlatih agar memberikan hasil positif di lapangan.

“Mungkin saya harus bekerja keras karena apa yang coach Shin (Tae-yong) mau dari saya dan pemain lain juga mungkin saya harus lebih memberikan yang terbaik pada pertandingan nanti,” jelasnya.

Tim U-23 Indonesia sudah bertolak ke Dubai sejak Selasa (2/4). Mereka sudah menjalani berbagai latihan. Hal ini mereka lakukan untuk ajang besar Piala Asia U-23 2024 yang sudah menunggunya.

Bagan Piala Asia U-23. (Foto: AFC)

Skuat Garuda akan bertemu dengan tim besar pada Grup A, seperti Yordania, Australia dan tuan rumah Qatar. Piala Asia U-23 2024 akan bergulir mulai 15 April hingga 2 Mei mendatang.

Artikel Terkait