Shin Tae-Yong Jelaskan Alasan Semangat Membara Skuat Garuda

FTNews – Pelatih tim U-23 Indonesia Shin Tae-Yong mengatakan bahwa para pemain bermain dengan semangat yang menggelegar.

Tim U-23 Indonesia dapat pecundangi tim besar Yordania dengan skor 4-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4).

Pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan bahwa para pemain ia minta untuk melupakan laga melawan Qatar. Sehingga mereka memiliki fokus yang besar pada saat melawan Yordania.

“Saya mengatakan kepada para pemain untuk melupakan Qatar dan terus maju, dan kami mendapatkan kepercayaan diri kami kembali setelah mengalahkan Australia,” dalam AFC.

Tim U-23 Indonesia bermain dengan baik melawan Yordania, berbagai gol tersebut tercipta dengan cantik, buah hasil kegigihan para pemain.

Tim U-23 Indonesia bertanding melawan Yordania. (Foto: Afc)

Tidak lagi gol hanya dengan mengandalkan sentuhan keberuntungan. Melainkan Skuat Garuda dapat mencetak melalui strategi dan kerja keras mereka saat bermain.

STY menekankan para pemain untuk tidak berpikir masalah menang atau kalah. Melainkan memfokuskan kepada permainan dengan cara yang baik.

“Sebagai persiapan malam ini, saya katakan kepada mereka bahwa kami harus bermain dengan percaya diri dan semua ini akan banyak membantu kami (dalam hal kepercayaan diri) untuk bertarung di perempat final; terlepas dari apakah kami menang atau kalah, kami akan memberikan 100 persen di lapangan,” ujarnya.

Dengan kemenangan tersebut merupakan sebuah sejarah yang mereka ciptakan dengan baik.

Lolosnya Indonesia sampai pada 8 besar merupakan sebuah pencapaian besar. Sebagai tim debutan, melangkah dengan mengalahkan tim besar seperti Australia dan Yordania yang sudah hadir dalam 6 edisi serta pernah menduduki posisi ketiga menjadi sebuah tantangan besar.

Saat Rafael Struick jatuh di dalam kotak penalti. (Foto: PSSI)

Selain itu juga tuan rumah Qatar sudah hadir pada Piala Asia U-23 sebanyak lima kali. Bahkan ketiganya sudah sampai pada semifinal.

BACA JUGA:   Bungkam Pemain India, Jonatan Christie Tembus Final Japan Open

Namun, Shin Tae-Yong keras sejak awal dan yakin bahwa mereka dapat lolos dari grup yang tergolong neraka tersebut.

“Saya sangat senang kami berhasil lolos ke babak berikutnya dan saya ingin berbagi kemenangan ini dengan seluruh suporter Indonesia dan semua orang di Persatuan Sepak Bola Indonesia,” terangnya dalam AFC.

Kesepatakan STY dan PSSI

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. (Foto: PSSI)

Ini juga merupakan kesepatan yang dimiliki oleh Shin Tae-Yong dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

PSSI memiliki kesepakatan nasib STY dapat melatih timnas Indonesia dalam jangka panjang atau hanya terhenti di 2024.

Kesepatakan tersebut menyatakan jika Shin Tae-Yong mampu membawa Timnas Senior lolos hingga 16 besar Piala Asia dan tim U-23 lolos hingga 8 besar Piala Asia U-23, maka STY akan diperpanjang hingga 2027 mendatang.

Hasil pertandingan Grup A Piala Asia U-23. (Foto: afc)

Sehingga dapat dipastikan bahwa Shin Tae-Yong sudah memenuhi kesepakatan yang menjadi komitmen bagi STY dengan pihak PSSI.

Walaupun PSSI hanya memiliki target mencapai 8 besar saja. Tetapi tidak dengan pelatih asal Korea Selatan tersebut. STY memiliki visi dapat menembus empat besar, ia yakin bahwa mereka mampu sampai ketahap tersebut.

 

Artikel Terkait