Fisik Lemah Ingin Bermain di Tim U-16, Urungkan Niat

FTNews – Memiliki fisik yang lemah untuk menjadi pemain sepak bola mungkin hanya sebuah angan saja. Sudah menjadi keharusan jika ingin bergabung dengan pasukan Garuda memiliki fisik yang kuat.

Tentu saja fisik tersebut harus tetap dilatih agar mendapatkan kekuatan yang maksimal. Tim U-16 Indonesia juga mengharuskan pemainnya kompeten utamanya pada fisik.

Pemain tim U-16 Indonesia, Ida Bagus Putu Cahya Permana mengungkapkan latihan Garuda Muda yang keras. Hal tersebut bertujuan untuk pembentukan ketahanan pemain. “Saya rasa tentunya pasti capek banget, tapi ya memang sudah kewajiban seperti itu, ya kita harus menjalaninya dan harus seratus persen,” ujarnya dalam PSSI.

Untuk terpilih menjadi pemain utama pada tim sangat tidak mudah. Tim U-16 membawa pasukan hingga 36 pemain yang berasal dari berbagai klub dan akademi.

Staf Pelatih tim U-16 Indonesia. (Foto: PSSI)

Pelatih tim U-16, Nova Arianto sangat memilah tim yang ia akan bawa pada Piala AFF U-16. Ajang itu akan berlangsung mulai dari 16 sampai 29 Juni 2024. “Target saya adalah melakukan yang terbaik, dan bisa diakui oleh coach Nova tentunya,” terang pemain Bali United itu.

Seluruh pemain pastinya akan berkompetisi untuk memastikan tempat mereka bersama pasukan Garuda. Menjadi anak asuh dari pelatih asal Semarang itu harus mengorbankan banyak hal. “Karena sangat mepet dengan waktu latihan, saya harus lebih bisa mengatur jadwal istirahat, sebelumnya saya sempat pegal-pegal. Tapi saya masih bisa menjalani latihannya,” jelas Ida.

Nova Arianto akan tetap menggenjot Garuda Muda sampai pada titik kematangan yang sempurna. Berkaca pada timnas senior yang berhasil dengan kemampuan bertanding lapangan yang hebat.

Pelatih Tim U-16, Nova Arianto saat memimpin seleksi tim U-16. (Foto: PSSI)

Mantan pelatih Madura United ini juga memiliki kriteria yang khusus. Tidak hanya mengandalkan kemampuan tetapi postur tubuh tinggi menjadi incarannya.

BACA JUGA:   KLB PSSI Dulu, Izin Liga Kemudian

Pelatih berumur 45 tahun itu menginginkan pemain jangkung pada beberapa posisi tertentu, seperti kiper, bek dan gelandang bertahan. Nova melihat dari hasil pertandingan timnas senior yang berhasil bertahan dengan baik dari lawan, karena memiliki pemain bertubuh besar.

 

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...