Ternyata Ini Manfaat Recovery Usai Timnas Bertanding

FTNews – Tim U-23 melakukan pemulihan atau recovery usai menjalani pertandingan melawan Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4). Terlihat sepele melakukan hal seperti ini.

Tetapi pemulihan memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Bahkan memiliki dampak yang cukup berbahaya jika tidak menjalaninya.

Pemulihan yang timnas lakukan bertujuan untuk mengembalikan keadaan tubuh seperti sebelumnya. Mereka melakukan dengan berbagai gerakan, mulai dari peregangan otot-otot dan pelenturan. Selain itu juga ada sedikit latihan fisik namun dalam skala minim.

Hal itu mereka lakukan agar kondisi tubuh tetap stabil dan menghindari dari cedera yang terjadi pada otot tubuh. Bahkan melakukan recovery memiliki manfaat untuk mengeluarkan asam laktat dalam tubuh manusia.

Ilustrasi keram. (Foto: Freepik)

Asam laktat merupakan zat sisa metabolisme tubuh yang dihasilkan dari sel otot dan sel darah merah. Biasanya ini akan meningkat pesat saat melakukan olahraga atau kegiatan dengan itensitas tinggi seperti bermain sepak bola.

Jika tidak melakukan agar zat tersebut keluar, maka tubuh akan terganggu dengan adanya asam laktat. Hal yang berdampak terhadap tubuh seperti kram pada otot, tubuh yang mudah lemas dan jantung berdebad.

Bahayanya jika tidak segera ditangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai serangan penyakit. Seperti serangan jantung, gagal napas, leukimia, penyakit hati, dehidrasi berat dan penumpukan cairan pada paru-paru.

@timnasindonesia

Recovery day after match vs 🇯🇴 #KitaGaruda

♬ Skyline – Paul Velchev

Pemulihan yang Garuda lakukan tidak tegang agar para pemain juga memiliki ketenangan untuk bersiap pada pertandingan mendatang. Seperti terlihat dari video tersebut, beberapa pemain melakukan “gimmick” dan bercandaan.

Bahkan sang pelatih asal Korea Selatan itu juga ikut bercanda dengan mereka. Selain untuk menghilangkan kecemasan. Momen seperti itu dapat mendekatkan dan meningkatkan rasa satu sama lain.

Dengan tingginya Chemistry yang pemain miliki sesama. Akan membuat bertanding lebih baik lagi saat di lapangan mendatang.

Artikel Terkait