Tujuan Tiktokers Galihloss Buat Konten Berujung Penistaan Agama

FTNews – Polisi mengungkap alasan Tiktokers Galihloss alias GNAP (24) membuat konten permainkan lafadz taawudz. Terkait hal ini Galih laporkan atas dugaan penistaan agama dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebut tersangka sengaja membuat konten untuk mencari keuntungan.

“Saudara GNAP adalah pemilik dan yang menguasai akun tiktok @galihloss3. Tujuan yang bersangkutan membuat seluruh konten video dalam akun tersebut untuk mencari Endorse,” kata Ade Safri, dalam keterangannya, pada Rabu (24/4).

Lebih lanjut dalam konten yang dimiliki Galih itu bermuatan penyebaran kebencian berbasis SARA melalui media elektronik. Selain itu juga terdapat penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

Akibatnya tersangka dikenakan Pasal 28 ayat (2) KUHP dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). Sedangkan untuk pelanggaran terhadap Pasal 156 a KUHP ancaman hukumannya pidana penjara selama-lamanya 5 tahun.

Untuk diketahui, Seorang seleb TikTok alias Tiktokers Galihloss ditangkap tim gabungan Subdit Siber Mabes Polri dan Polda Metro Jaya. Hal ini buntut adanya unggahan konten yang diduga menghina agama islam.

Pada unggahannya yang terdapat dalam akun TikTok @galihloss3, pada Minggu 21 April 2024, terlihat pemilik akun itu melontarkan pertanyaan soal ‘hewan yang  bisa ngaji’ ke anak kecil.

“Hewan, hewan apa yang bisa ngaji?,” kata Galihloss, dalam video.

“Apa ya bang, paus paus, pak ustad,” jawab anak kecil.

“Emang paus bisa ngaji? Selain pak ustad apaan?,” lanjut Galihloss.

“Apa ya ora tahu. Monyet kali ya bang,” ucap anak kecil.

Selanjutnya Galihloss menuturkan lafadz taawudz atau biasanya dibaca sebagai pembuka suatu ceramah atau sebelum membaca Al-Qur’an.

BACA JUGA:   Polisi Tangkap Lima Orang Terkait Penyalahgunaan Pelat Palsu DPR RI

“Hahaha salah, yang ada di pikiran lu apa tuh, yang ada di otak lu?,” lanjut Galihloss.

“Lu nyerah belum? Lu mau tau ga hewan apaan? Audzubillahiminasyaitonirojim. Benar ga? Hewan apa itu?,” tutur Galihloss.

Artikel Terkait

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Duo Anggrek Comeback Lewat Mekar: Lebih Fresh

Penghujung tahun 2024, Duo Anggrek yang diawaki Devay dan...

Salim Nauderer Ngaku Selingkuh, Rachel Vennya Diteror Ayah Azizah Salsha?

Ahmad Ramzy, mantan kuasa hukum Salim Nauderer memastikan kalau...