Rekor Shin Tae-Yong Buat Korea Selatan Gagal Ke Olimpiade

FTNews – Pelatih, Shin Tae-Yong membuat tanah airnya gagal ke Olimpiade Paris 2024 pada pertandingan Indonesia Vs Korea Selatan. Laga itu berlangsung pada, Jumat (26/4) berakhir 2 (11) – 2 (10) kemenangan Indonesia lewat adu penalti.

Korea Selatan sepanjang sejarah sejak 1988 saat menjadi tuan rumah Olimpiade, tidak pernah gagal menghantarkan tim sepak bolanya untuk hadir. Namun kini nasib mereka berhasil Indonesia ubah melalui kekalahan dramatis di Piala Asia U-23.

Pertandingan Indonesia Vs Korea Selatan pada babak delapan besar tersebut memberikan laga penuh aksi. Kedua tim yang menginginkan kemenangan untuk melangkah pada ajang besar lainnya itu menjadi menegangkan. Baik Skuat Garuda ataupun lawanya Taeguk Warriors memberikan ancaman-ancaman yang berbahaya.

Indonesia Vs Korea Selatan
Tim U-23 Indonesia usai menghantam Korea Selatan. (Foto: AFC)

Terlebih ini adalah momen yang Korea Selatan pertaruhkan. Hal yang akan memalukan untuk mereka, karena terpatahkan rekornya usai 40 tahun mengikuti Olimpiade. Tetapi absen pada kehadiran untuk yang ke 10 kalinya karena tim debutan Piala Asia U-23.

Perlu diketahui bahwa tim asuhan Shin Tae-Yong merupakan debutan pada ajang se Asia ini. Dalam enam kali edisi pelaksanaannya sejak tahun 2013 kini mereka berhasil menginjakan kakinya pada semifinal. Ini merupakan sejarah baru untuk Indonesia mengingat sebagai tim yang sering lawan lihat sebelah mata, kini merah putih mengibarkan benderanya di empat besar.

Indonesia Vs Korea Selatan ini menjadi sebuah laga yang membuat seluruh pecinta sepak bola bergetar. Karena rasa kecintaan mereka melihat tim kebanggan merah putih bermain dengan gemilang.

Tatap Olimpiade Paris 2024

Medali Olimpiade Paris 2024. (Foto: Paris2024)

Dengan lolosnya Indonesia menuju semifinal ajang ini. Tim U-23 hanya perlu mengamankan satu kemenangan untuk mendapatkan tiket berlaga di Olimpiade Paris 2024. Namun jika Indonesia kalah, maka Rizky Ridho dan kawan-kawan harus bersiap berebut tiket terakhir dengan melawan perwakilan wakil Afrika, Guinea.

BACA JUGA:   Persik Tak Gentar Hadapi PSIS di Stadion Jatidiri

Harapan Indonesia lolos menuju Olimpiade sangat terbuka lebar. Permainan timnas Indonesia saat ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika melihat dari data pertandingan saat melawan negara Gingseng tersebut, Indonesia sangata mengungguli pertandingan. Dalam jumlah tendangan, Indonesia memberikan gempuran sebanyak 21 dengan 5 yang sesuai target.

Jika melihat dari tim asuhan, Hwang Sun-hong mereka hanya mampu mengancam gawang Indonesia sebanyak 8 kali dan 2 tepat pada sasaran. Berdasarkan Possession Indonesia mendominasi 53 persen sedangkan Korsel 47 persen. Melihat hal seperti ini merupakan angin segar karena Indonesia berhasil mengalahkan Juara Grup B Piala Asia yang tidak terkalahkan itu

@erick.thohir

Ini pencapaian tertinggi yang diraih timnas U-23: lolos hingga 8 besar Piala Asia! Namun, kami tak akan berhenti di sini. Babak selanjutnya tidak mudah, namun Garuda Muda akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi. #KitaGaruda #GarudaMendunia #ErickThohir

♬ original sound – Erick Thohir – Erick Thohir

 

Artikel Terkait