Sepak Bola Menyatukan Bangsa Indonesia

FTNews – Pertandingan Indonesia pada ajang Piala Asia U-23 menggambarkan bahwa sepak bola menyatukan bangsa Indonesia. Hampir seluruh masyarakat Indonesia ikut mendukung Skuat Garuda.

Berdasarkan data survei Indonesia, sebesar 90,8 persen masyarakat Indonesia tahu olahraga sepak bola. Melalui perusahaan riset multinasional (Ipsos) tahun 2022 Indonesia memiliki penggemar sepak bola sebesar 69 persen dari 270 populasi penggemar sepak bola.

Dalam beberapa hari terakhir ini juga dapat terlihat, dalam pegelaran sepak bola se Asia dalam kelompok umur tersebut. Masyakarat sangat tinggi antusiasnya terhadap pertandingan tersebut.

Suporter Skuat Garuda. (Foto: AFC)

Seperti sudah tidak perlu mencari kebenaranya. Hampir pada setiap daerah di Indonesia membuat kegiatan nonton bareng (nobar). Kegiatan ini cukup meriah, dan biasanya berlangsung pada suatu tempat yang ikonik.

Bahkan jika kalian sedang jalan menuju suatu tempat pada waktu berlangsungnya pertandingan. Hampir terlihat setiap lokasi pada rumah padat penduduk juga menyakisikanya.

Hal seperti ini sangat membuktikan bahwa sepak bola menyatukan bangsa Indonesia. Rasa nasionalisme saat ini dapat dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya mendukung tim kebanggan Skuat Garuda dapat berkancah pada level tertinggi se Asia.

@erick.thohir

Merinding melihat dukungan suporter Timnas Indonesia waktu melawan Korea Selatan. Dari ujung barat sampai ujung Timur Indonesia semua kompak demi Merah Putih. Pertandingan dini hari waktu Indonesia bukan masalah, semangatnya luar biasa. Kita akan menghadapi Uzbekistan di semifinal. Mohon doa dan dukungannya agar Garuda Muda bisa memberikan yang terbaik dan membuat Indonesia bangga 🇮🇩 #GarudaMendunia #ErickThohir

♬ original sound – Erick Thohir – Erick Thohir

Indonesia U-23 saat ini sedang mengikuti ajang Piala Asia U-23 sejak 15 April hingga 2 Mei mendatang. Seluruh masyarakat sangat bangga, karena sejarah yang pemuda Indonesia itu ciptakan cukup besar. Langkah tim asuhan  Shin Tae-Yong sudah sangat nyata, mereka dapat tembus hingga babak semifinal.

Tim Terkuat Asia Tenggara

Tim U-23 Indonesia. (Foto: Instagram/Shin Tae-Yong)

Perlu kita ketahui, sejak awal edisi berlangsungnya ajang ini. Indonesia baru menjalankan debutnya pada Piala Asia U-23. Dengan langkah yang cukup awal, pasukan Garuda menjadi top Asia Tenggara. Bagaimana tidak, saat ini hanya Indonesia yang menjadi perwakilan negara Asia Tenggara.

Sebelumnya ada beberapa negara lainnya, namun mereka terhenti pada fase Grup dan delapan besar Piala Asia seperti Vietnam, Malaysia dan Thailand. Walaupun langkah Indonesia terhenti pada semifinal melawan Uzbekistan, tetapi rasa cinta suporter tetap setia menudukung.

“Terima kasih kepada seluruh pemain, pelatih, para ofisial, dan suporter Indonesia yang hadir langsung, maupun yang nonton dari Tanah Air. Saya menjadi saksi bahwa para pemain punya semangat tinggi untuk menang dan menembus final, namun Uzbekistan tim yang tangguh. Saya puas dengan timnas dan bangga karena sepakbola telah menyatukan Indonesia,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam PSSI.

Langkah  Akhir Skuat Garuda

Tim U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Kini seluruh bangsa Indonesia, berharap Garuda Muda dapat melebarkan sayap tingginya untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024. Karena tiket tersebut hanya berlaku bagi tim yang berhasil menempati posisi juara, runner-up dan peringkat ketiga.

Jika tidak, langkah terakhir mereka hanya melalui babak play-off melawan wakil Afrika, Guinea pada, Kamis (9/5).

Artikel Terkait