Kominfo akan Jaga Standar Keamanan Perangkat Telekomunikasi

FTNews – Pada zaman yang canggih ini, masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dari perangkat telekomunikasi. Persyaratan alat telekomunikasi tersebut dapat beredar di Indonesia adalah dengan memenuhi standar keamanan dan lolos uji.

Oleh sebab itu, Kominfo ingin melaksanakan pengujian standar keamanan perangkat telekomunikasi melalui Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT). Menkominfo Budi Arie mengatakan bahwa kolaborasi ini untuk menjaga perangkat-perangkat komunikasi yang bertaraf internasional.

“Perangkat telekomunikasi itu harus aman dari faktor radiasi dan gangguan lain-lain di masyarakat. Kalau tidak ada yang menjaga keamanannya, bagaimana? Inilah tugas dari Indonesia Digital Test House (IDTH),” ungkapnya saat melakukan Kunjungan Pengecekan Persiapan Peresmian IDTH di BBPPT Tapos, Jawa Barat, Kamis (2/5).

Menkominfo mengatakan bahwa IDTH akan berperan optimal sebagai wadah kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, industri, UMKM, akademisi, dan masyarakat. Sehingga, dapat mengembangkan solusi teknologi yang inovatif.

“Pengembangan talenta itu penting ya. Ini pentahelix juga. Kita kerja sama dengan kampus-kampus untuk sarana belajar UI, ITB, ITS, Telkom University, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Bandar Lampung. Karena kampus tersebut salah satu center of excellence,” ungkap mantan jurnalis Media Indonesia tersebut.

Memiliki Tiga Peran Strategis

Ilustrasi perangkat telekkomunikasi. Foto: canva

Menkominfo mengatakan bahwa IDTH memiliki tiga peran strategis dalam pengujian perangkat. Pertama, perlindungan atau menjaga kesehatan dan keselamatan manusia dari ketidaksesuaian emisi perangkat yang berpotensi mengganggu.

Lalu, IDTH menjadi gerbang arus keluar masuk perangkat telekomunikasi ekspor maupun impor. Terakhir, berkaitan dengan spectrum management, yang menjamin interoperabilitas dan perlindungan dari interferensi antar pengguna perangkat untuk meningkatkan user experience.

Selain itu, Budi Arie juga mengatakan IDTH juga akan berperan dalam memberikan pendampingan serta penyediaan sarana dan prasarana bagi pengembang solusi digital. “Melalui sandbox, makerspace, showcase. Saat ini, telah terjalin kemitraan dengan beberapa pemangku kepentingan,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Februari 2023, Samsung Bakal Rilis Galaxy S23

Pemangku kepentingan yang terkait adalah laboratorium pengujian, perguruan tinggi, dan komunitas yang berkecimpung dalam bidang perangkat telekomunikasi. Untuk kedepannya, Menkominfo Budi Arie ingin kolaborasi ini terus berkembang. Sehingga, dapat memberi ruang bagi para inovator Indonesia untuk terus berkaya.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...