Jangan Beri Uang Ke Jukir, Ada Aturannya

FTNews – Juru parkir liar (jukir) kerap meminta sejumlah uang ketika pengendara berkunjung ke minimarket. Padahal aturan menyebut pelanggan tidak dikenakan biaya parkir.

Masalah juru parkir di minimarket belakangan menjadi perbincangan di media sosial. Bahkan, ada pelanggan yang sampai terlibat perselisihan akibat biaya parkir.

Masalah ini juga mengundang perhatian Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta Syafrin Liputo. Ia menyebut masyarakat tidak perlu membayar biaya jukir di minimarket.

Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Dalam aturan itu disebutkan bahwa pengelola minimarket diwajibkan menyediakan area parkir untuk pelanggan, tetapi tidak ada kewajiban untuk menariknya.

“Jadi terkait dengan parkir di minimarket sebagaimana regulasi kita, di sana itu parkirnya free. Jadi memang pengelola tidak diperbolehkan memungut,” ujar Syafrin kepada wartawan, Jumat (3/5).

Selama ini, kata Syafrin, masyarakat merasa ada kewajiban membayar parkir lantaran ada jukir. Keberadaan mereka tak jarang mengganggu karena memaksa pengendara untuk membayar.

“Memang ada oknum-oknum yang mencoba memanfaatkan karena memang free mereka mencoba mengatur. Seolah-olah menjadi kewajiban si pengemudi untuk membayar, seharusnya kan tidak,” tambahnya.

Untuk menindak jukir, Syafrin mengaku akan bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk merazia mereka di minimarket.

“Nah ini kami akan berkoordinasi dengan teman-teman Satpol PP untuk penanganan terkait dengan adanya oknum-oknum yang memanfaatkan lokasi-lokasi di minimarket tadi,” tutupnya.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...