Indonesia Punya Strategi Mematikan Lawan Filipina

FTNews – Skuat Garuda Pertiwi siap hadir dalam Piala Asia U-17 Wanita, tim Indonesia punya strategi mematikan untuk menumpas lawan. Mereka, akan menghadapi Filipina pada pembuka ajang tersebut di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (6/5).

Pelatih tim U-17 Wanita, Satoru Mochizuki menyatakan bahwa seluruh pemainnya sudah siap bertanding. Para pemain sudah mendapatkan bekal latihan olehnya kurang dari dua bulan.

Dalam hal ini juga pelatih asal Jepang itu, siap membungkam lawan Garuda Pertiwi pada ajang besar itu. Kita ketahui bahwa tim wanita kelompok umur ini tergabung dalam grup yang mematikan. Mereka bersama, Korea Selatan, Korea Utara dan Filipina.

Pelatih tim U-17 Wanita, Satoru Mochizuki. (Foto: PSSI)

Meskipun lawannya cukup menakutkan mengingat mereka tim yang sudah berbeda kelasnya. Tetapi Satoru sudah mempersiapkan rancangan dengan sebaik mungkin.

“Kalau lawan mereka, kita sudah pasti sebagai pemain tidak perlu sama pelatih pun, kita sudah menonton laga mereka saat di kualifikasi, jadi yang pasti kita sudah tahu pemain-pemain yang bahaya, formasi-formasi mereka apa, apa yang harus kita lakukan supaya bisa menyerang dan bertahan, supaya bisa counter serta mengacak-acak daerah pertahanan mereka,” ujarnya dalam PSSI.

Perbandingan Tim Lawan

Penyerang Garuda Pertiwi, Mayzura Alifa. (Foto: Instagram/Maszura)

Filipina sendiri merupakan negara yang baru debut dengan ajang ini. Tetapi dari segi pemain, mereka memiliki pengalaman yang cukup besar dalam sepak bola. Berbeda dengan Korea Selatan yang sudah hadir sebanyak sembilan kali, dan Korea Utara sudah delapan kali dengan 3 kali juara, tahun 2007, 2015 dan 2017.

Walaupun tim yang ia asuh sangat baru sekali. Kurang dari triwulan, ia melakukan kepelatihannya dengan Garuda Pertiwi. Namun, Satoru sudah dapat melihat peluang yang Indonesia miliki.

“Filipina yang saya tahu hampir dari mereka semua main abroad ya, secara fisik mungkin mereka lebih baik dari kita, postur mereka tinggi-tinggi, tapi kita lebih lincah dari mereka,” terangnya.

BACA JUGA:   Komnas HAM Minta Sepakbola Dibekukan, Presiden Madura United Tak Setuju

Tujuan Satoru

Tim U-17 Wanita Indonesia. (Foto: PSSI)

Mantan pemain timnas Jepang tahun 80 an ini memiliki tujuan tidak hanya sekedar menang. Membuat pemain dapat bermain dengan baik adalah keutamaannya.

Seluruh pemain harus memiliki kemampuan dasar mereka, seperti passing, dribling dan cara mengeksekusi bola seperti tendangan ataupun sundulan. Di samping itu semua, ia sangat yakin akan membawa 23 pemain ini bersaing dengan baik.

“Harapannya, kita bisa lolos ke babak berikutnya supaya kita bisa masuk final,”jelasnya Satoru.

Artikel Terkait