Soal Penertiban Parkir Liar, Polisi: Masyarakat Harus Ikut Bantu

FTNews – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya angkat bicara soal adanya permintaan bantu Dishub tertibkan parkir liar di Jakarta. Hal ini merujuk banyaknya oknum yang memaksa para pengunjung untuk membayar parkir sehingga menimbulkan keresahan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa mayarakat harus ikut membantu penertiban parkir liar. Pasalnya hal ini merupakan tanggung jawab bersama.

“Masalah parkir liar ini masalah ketertiban umum, dalam artian tugas dan tanggungjawab kita bersama. Masyarakat pun harus ikut gitu loh, dalam artian mengawasi misal ketentuannya itu (parkir) gratis ya harus gratis,“ kata Latif, dalam keterangannya, pada Jumat (10/5).

Kemudian ia menyebutkan bahwa masyarakat dapat melakukan pengawasan terhadap parkir liar. Jika merasa dirugikan, masyarakat dapat melaporkan kepada pihak kepolisian.

Lebih lanjut Mantan Dirlantas Polda Jawa Timur Tahun 2020 ini menuturkan pastinya pihak kepolisian akan selalu mendukung kebijakan pemerintah daerah. Terkait masalah parkir liar ini, pihaknya akan membantu menertibkan.

“Oh iya pasti (Misal parkir liar yang meresahkan dan merujuk ke tindak pidana akan ditertibkan), apalagi sudah melakukan pemaksaan, melakukan pemalakan itu udah ranah pidana,” jelas Latif.

Sementara itu pihak kepolisian juga telah melaksanakan patroli dengan menyisir sejumlah minimarket dan tempat lain yang terdapat juru parkir liar.

“Ini kan kebanyakan berada di jalur-jalur gang kecil itu. Kita melibatkan seluruh komponen masyarakat dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan manajemen daripada perusahaan itu sendiri,” ujar Lulusan Akpol tahun 1995.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...