Itjen Kemendagri akan Lakukan PDTT pada APBD dan BUMD Kota Tangerang

FTNews, Kota Tangerang— Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri)  akan melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) terhadap sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan APBD Kota Tangerang. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja BUMD dan memastikan bahwa BUMD dikelola secara efektif dan efisien.

Dikutip dari akun resmi Penjabat Wali Kota Tangerang doctor.nurdin, Tim Itjen Kemendagri dipimpin Ucok Damenta (Inspektur II). Tim akan melaksanakan PDTT pada Pemerintah Kota Tangerang, dengan tujuan: Mengevaluasi kinerja BUMD dan memastikan bahwa BUMD dikelola secara efektif dan efisien dan mengevaluasi efektivitas APBD terkait alokasi belanja wajib guna pemenuhan pelayanan dasar di Kota Tangerqng.

“Kami berharap dengan pemeriksaan ini, BUMD-BUMD Tangerang dapat menjadi lebih profesional dan menguntungkan. Selanjutnya diharapkan APBD lebih mampu memenuhi belanja wajib guna pemenuhan layanan dasar kepada masyarakat agar permasalahan permasalahan Kota dapat ditangani secara maksimal dan komprehensif,” ujar Pj Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin.

Sementara dilansir tangerangkota.go.id, dalam pertemuan dengan Tim Pemeriksa Itjen Kemendagri, Pj Wali Kota Dr Nurdin mengatakan, pihaknya siap untuk bekerja sama dengan tim pemeriksa.

“Kami ingin memastikan BUMD di Kota Tangerang dapat dikelola secara profesional dan akuntabel, dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” ujarnya.

Adapun dari hasil evaluasi tersebut, lanjut Dr. Nurdin, Pemkot Tangerang akan menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan oleh tim pemeriksa. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kinerja BUMD di Kota Tangerang,” ujarnya.

Pemkot juga  akan terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas BUMD, serta akan terus memperkuat tata kelola BUMD. Dan tentunya, pemeriksaan ini diharapkan dapat berjalan dengan baik.

“Kami berharap dengan pemeriksaan ini, BUMD di Kota Tangerang dapat menjadi lebih maksimal, serta dapat meningkatkan derajat kesehatannya, dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat,” kata Dr. Nurdin.

BACA JUGA:   Bey Machmudin Berharap Bank Indonesia Tetap Sinergi dengan Pemdaprov Jabar

Sementara itu, Inspektur Jenderal II Kemendagri, Damenta, mengatakan, agenda pemeriksaan ini merupakan bagian yang penting dan luar biasa bagi tim dari Kemendagri.

“Terima kasih atas kepercayaannya, dan kami akan fokus pada beberapa hal, yaitu BUMD dan APBD, dalam rangka mewujudkan penyehatan tata kelola keuangan daerah, karena kami berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Tangerang memiliki beberapa BUMD yang bergerak di berbagai sektor, seperti air minum, transportasi, kesehatan, dan ekonomi. BUMD ini diharapkan dapat memberikan layanan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat.***

Artikel Terkait

Sadis! Bocah Perempuan Tewas dengan Wajah Dilakban di Banten

FT News - Kasus kekerasan terhadap anak semakin mengerikan...

Kinerja Pemprov Banten Dinilai Baik, Kemenkeu Beri Ganjaran DID Rp19,6 Miliar

FTNews, Serang--- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapatkan Dana Insentif...

Polisi Ungkap Kasus Perdagangan Orang, Modus Tawaran Kerja ke Kamboja, 14 Korban Diamankan

FTNews, Tangerang – Kepolisian Resort Bandara Soekarno-Hatta (Polresta Soetta)...

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...