Pemprov Jakarta akan Berikan Diklat Juru Parkir Liar

FTNews – Pemerintah Provinsi Jakarta (Pemprov) Jakarta akan memberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) juru parkir liar untuk menentukan pekerjaan yang sesuai minat mereka.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo. Pihaknya menjadi anggota tim gabungan dalam menertibkan juru parkir liar bersama Satuan Polisi Pamong Praja, Polisi dan TNI.

Mereka yang terjaring akan didata dan setelahnya, “Kami koordinasikan lebih lanjut dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi agar mereka didata kemudian diinventarisir kira-kira minat mereka di bidang apa yang kemudian, kita siapkan diklat dan pelatihan,” ujar Syafrin sebelum menertibkan juru parkir liar di Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

Dalam penertiban ini tim gabungan menerapkan pola humanisme dan persuasif. Penertiban akan terus dilakukan hingga satu bulan kedepan sejak hari ini. Setelah penjaringan ini, Syafrin berharap, diklat juru parkir liar akan berjalan dan mereka menjadi tenaga kerja terampil.

Mulanya, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat terkait juru parkir liar yang membuat tidak nyaman. Mereka kerap meminta sejumlah uang ketika konsumen belanja di minimarket.

“Kami tetap melakukan inventarisasi terhadap laporan yang masuk, baik melalui JAKI maupun cepat respon masyarakat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, lalu kita tindak lanjut hari berikutnya,” tambahnya.

Pada penertiban juru parkir liar hari ini, tim gabungan menjaring 12 orang dari sekitar delapan minimarket di kawasan Jakarta Pusat. Kegiatan ini juga dilakukan tim gabungan di sejumlah daerah di Jakarta.

Sebelum penjaringan ini, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, akan berusaha mencarikan pekerjaan baru bagi mereka.

“Itu salah satu problem yang harus diatasi dan pelan-pelan kita lihat, kalau bisa kita berikan juga pekerjaan kepada mereka,” ucap Heru Budi.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

Silaturahmi ke Rumah Nachrowi Ramli, Ridwan Kamil Disuguhi Tape Uli

FTNews - Pasangan calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono disuguhi...

Tiru Anies Baswedan, Ini 4 Cara Ridwan Kamil Menarik Hati Warga Jakarta 

FTNews - Ketiga pasangan calon gubernur Jakarta hampir pasti...