Dikritik Netizen AS, Google Sedang Bereskan Jawaban Aneh AI Overview

FTNews – Setelah perilisannya pada awal Mei, AI Overview mendapat banyak kritik dari pengguna Amerika Serikat (AS). Dalam unggahan netizen, jawaban aneh AI Overview kerap muncul. Kini, Google tengah berupaya membereskan kesalahan yang dibuat produk anyarnya ini.

Setelah peluncurannya, banyak pengguna AS yang ingin menonaktifkan fitur AI Overview. Mereka menganggap, jawaban yang dihasilkan melenceng dari pertanyaan. Padahal, mereka membutuhkan informasi tepat, bukan hanya cepat.

Laporan The Verge menyebut, Google menjadi perusahaan terdepan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, kini sebaliknya dan bahkan jawaban aneh AI Overview dijadikan meme oleh netizen.

Juru bicara Google Meghann Farnsworth membantahnya. Ia menegaskan jawaban yang dihasilkan Chatbotnya sebagaian besar informasi berkualitas tinggi. “Banyak contoh yang kami lihat merupakan pertanyaan yang tidak biasa dan kami juga melihat contoh yang direkayasa atau tidak dapat kami reproduksi,” ucapnya kepada The Verge.

Google, kata Farnsworth, tengah mengambil tindakan cepat untuk menghapus jawaban aneh AI Overview yang dihasilkan. “Berdasarkan kebijakan konten kami dan menggunakan contoh-contoh ini untuk mengembangkan perbaikan yang lebih luas pada sistem kami, beberapa di antaranya sudah mulai diluncurkan.” ujarnya.

Jawaban Tak Wajar

AI Overview memberikan jawaban tak wajar atas pertanyaan yang diberikan. Sebuah akun X mengunggah pertanyaanya dan AI Overview meresponnya dengan hasil tak wajar.

Akun tersebut bertanya soal “cara mengobati nyeri usus buntu di rumah”, termasuk menggunakan daun mint rebus dan diet tinggi serat.

jawaban aneh AI Overview
Pengguna X membagikan jawaban AI Overview. Foto: NY Post

“Koreksi saya jika saya salah tetapi bukankah tidak ada pengobatan rumahan untuk radang usus buntu? Google AI menyarankan daun mint,”

Jawaban aneh AI Overview juga muncul terkait saran penambahan “non-toxic glue” dalam penelusuran untuk kueri “keju tidak menempel pada pizza”.

BACA JUGA:   Rekonstruksi Tsunami Masa Lalu Lewat Data Geologi
jawaban aneh AI Overview
Netizen x mengkritik jawaban AI Overview. Foto: NY Post

“Mencampur keju ke dalam saus membantu menambah kelembaban pada keju dan mengeringkan saus,” tulis AI Overview Google.

“Anda juga bisa menambahkan sekitar 1/8 cangkir lem tidak beracun ke dalam saus agar lebih lengket.”

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...