Kapolda Riau: “Tolong Kapolsek, Kasat Lantas, Jangan Terima Duit Segala Macam!”

FTNews, Pekanbaru – Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengingatkan anak buahnya untuk bekerja dengan tulus dan ikhlas, khususnya polisi lalu lintas. Jenderal bintang 2 itu ingin angka kecelakaan di Riau semakin menurun.

“Dulu saat saya jadi Kasat Lantas Pekanbaru, kalau ada kecelakaan, saya minta ampun sama Allah. Ampun ampun ya Allah. Karena itulah mungkin saya jadi Kapolda,” ujar Iqbal saat membuka Forum Group Discussion (FGD) dan Komitmen Bersama Keselamatan Berlalulintas, Selasa (28/5.2024), dilansir mediacenter.riau

Iqbal menyampaikan keselamatan berlalu lintas ini bukan permasalahan yang kecil. Dia juga mewanti-wanti anggota polantas di lapangan untuk tidak menerima atau meminta uang kepada masyarakat.

“Tolong adik-adik Kapolsek, Kasat Lantas, dijaga wilayahnya. Jangan terima-terima duit apa segala macam, jangan nanti gara-gara itu hilang nyawa orang, berdosa kita,” ucap Ketua Alumni Akpol 1991 itu.

Menurut Iqbal, keselamatan berlalu lintas bukan yang permasalahan yang skeptis, yang ujug-ujug bisa dilakukan dengan jangka waktu yang pendek. Tapi, ini harus dilakukan dengan semua pihak.

Kolaborasi ini memerlukan konsep yang berkepanjangan dari semua stakeholder. Sebab, menurut Iqbal, transportasi ini adalah urat nadi dari semua aspek yang ada seperti ideologi, politik, budaya, ekonomi bahkan keamanan dan pertahanan pun juga membutuhkan transportasi.

Dia menjelaskan FGD dan komitmen bersama ini bukan hanya project mercusuar, namun harus dapat terlaksana di lapangan.

“Tapi saya senang Pak Dirlantas Polda Riau sudah melakukan gebrakan. Ditlantas bukan kaleng-kaleng dan memperlihatkan Dirlantas yang berbakti dan menuangkan ide yang brilian,” jelasnya.

Karena itu, Iqbal meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait di Riau, asosiasi pengemudi serta pimpinan perusahaan transportasi agar dapat mengikuti FGD dengan baik.

“Saya harapkan FGD ini bukan hanya project mecusuar, namun harus ada komitmen, konsep dan Insya Allah 3 bulan sekali harus ada evaluasi juga pengawasan,” tegas Iqbal.***

Artikel Terkait

Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu 76 Kilogram dan Ekstasi 41.000 Butir

FTNews, Pekanbaru - Ditres Narkoba Polda Riau mengungkap peredaran narkoba...

Ribuan Pencari Kerja Serbu Riau Job Fair 2024, Tersedia 3.000 Lowongan Kerja

FTNews, Pekanbaru--- Ribuan pencari kerja ramai-ramai menyerbu Riau Job...

Pelaksanaan Program Makan Siang B2SA di Pekanbaru akan Libatkan UMKM Lokal

FTNews--- Pemerintah Kota Pekanbaru siap melaksanakan program makanan bergizi...

Kota Pekanbaru Terima Investasi Rp2,978 Triliun pada Semester Pertama 2024

FTNews, Pekanbaru--- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...