Sejarah! Timnas Indonesia Lolos Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

FTNews – Lagi-lagi pasukan Garuda tidak kenal lelah. Sejarah baru tercipta, timnas Indonesia lolos putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Hal terbangga ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia, pasalnya ini merupakan sejarah yang belum pernah terciptakan oleh Indonesia. Karena mengingat bahwa Indonesia dahulu lolos menuju Piala Dunia tahun 1938 masih memiliki nama Hindia-Belanda.

Sehingga ini merupakan kepakan sayap Garuda untuk memperlihatkan cakarnya kepada lawannya pada kancah sepak bola dunia. Dengan racikan hebat Shin Tae-Yong pasukan Merah-putih menyusul Irak untuk memastikan tiket pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Pertandingan Indonesia Vs Filipina. (Foto: AFC)

Dengan keberhasilan tersebut membuat timnas Indonesia mendapatkan tiket khusus Piala Asia 2027 mendatang. Lolosnya Skuat Garuda ini karena menjadi runner-up pada Grup F bersama Irak yang berada pada puncak dengan 15 poin. Lalu Vietnam dengan 6 poin dan Filipina 1 poin tidak dapat meneruskan langkah mereka.

Walaupun kita ketahui bahwa Vietnam masih memiliki satu pertandingan lagi dengan Irak, pada, Rabu (12/6) di Stadion Basra, Irak. Namun, untuk mengejar 4 poin itu merupakan hal yang mustahil. Karena mengingat setiap pertandingan hanya akan memberikan tiga poin.

Pada pertandingan yang membuat sebanyak 67 ribu suporter menyaksikan, Indonesia menguasai pertandingan dengan memberikan 20 tembakan dan berhasil tepat sasaran sebanyak 7 kali. Sedangkan, Filipina hanya berhasil memberikan 7 tembakan dengan 1 kali tepat sasaran.

Prof Haye Pembuka Asa Garuda

Pemain timnas Indonesia, Thom Haye. (Foto: AFC)

Pasukan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan berkali-kali memberikan tekanan keras kepada gawang The Azkals tersebut. Hingga pada menit ke-32 Thom Haye memberikan sebuah gol dengan tendangan mautnya berjarak 25 yard.

Tendangan keras tersebut tidak dapat kiper Filipina, Mendoza halau hingga membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk Indonesia. Hingga babak pertama berakhir banyak serangan yang mereka lemparkan sampai membuat lawan tertekan.

BACA JUGA:   Jelang Lawan Moldova, Kapten Tim U-20 Beberkan Targetnya
Pemain timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Foto: AFC)

Babak dua berlanjut, Rizky Ridho yang merupakan pemain liga 1 Indonesia ini menampilkan gol cantik melalui sundulan kepalanya. Kali ini umpan melalui tendangan bebas milik Nathan Tjoe-A-On berhasil ia akumulasikan menjadi sebuah gol.

Potonngan gerakan yang tidak terbaca oleh lawan membuat posisi yang sangat luang, serta arah bola yang cepat berubah. Sehingga membuat Indonesia unggul sangat jauh 2-0 pada menit ke-56.

Insiden Mengerikan

Walaupun dalam pertandingan tersebut, timnas Filipina juga memberikan serangan kepada Merah-Putih, tetapi tidak ada satu serangan yang berhasil mereka tembus. Hingga pada menit akhir, terjadi sebuah insiden yang mengerikan sampai membuat pemain Filipina Adrian Ugelvik harus keluar dari lapangan dengan ambulan.

Tepatnya pada menit ke-84, Adrian ingin mengambil umpan bola dengan lompat dengan cepat kearah lawan. Tetapi, kiper Ernando Ari saat itu juga sudah dalam keadaan lompat sehingga menyebabkan mereka tabrakan. Namun, pemain Filipina tersebut, jatuh dengan keadaan fatal yaitu kepala mendahului ke tanah.

Melihat hal tersebut medis langsung bergegas memberikan pertolongan dengan sesuai prosedur. Pemain timnas Indonesia, Jay Idzes patut mendapat acungan jempol dengan berinisiatif membuat lingkaran penutup agar insiden tersebut tidak banyak yang melihat sekaligus mengabadikannya karena tidak layak.

Pertandingan timnas Indonesia Vs Filipina. (Foto: AFC)

Pemain tidak kunjung membaik, sehingga harus mendapat penanganan serius dengan membawanya ke ambulan. Lanjutnya pertandingan, skor tidak ada yang mengalami perubahan yang berarti.

Sehingga ini menjadi pertanda bahwa Indonesia lolos dan layak untuk bertaruh kembali pada ajang yang lebih besar mendatang.

@timnasindonesia

Rizky Ridho siiiuuuuu….. 😍 #KitaGaruda #TimnasDay #TimnasIndonesiaMandiri

♬ Power Up – Razihel

Artikel Terkait