Grup Neraka Tidak Gentarkan Tim U-17 Indonesia ke Piala Asia

FTNews – Pelatih Nova Arianto siap bawa tim U-17 Indonesia ke Piala Asia 2025 mendatang. Walaupun saat ini Garuda Muda masuk dalam grup yang tergolong tidak mudah.

Perlu kita ketahui bahwa tim asuhannya itu mendapatkan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Dalam grup tersebut Indonesia bersama Australia, Kepulauan Mariana Utara dan Kuwait yang merupakan tuan rumah Grup tersebut.

“Seperti yang kita ketahui, kami berada di grup G. Tetap kami harus waspada kepada semua tim peserta di grup ini. Kuwait dan Australia mempunyai tradisi kuat di turnamen ini,” ujar asisten timnas senior Indonesia.

Catatan Tim Grup G

Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17. (Foto: Timnas Indonesia)

Dalam grup itu jika melihat sesuai dengan catatan yang ada Australia merupakan tim yang sangat sulit. Mengingat mereka telah berhasil tembus sebanyak tujuh kali ke Piala Asia. Karena memang sepak bola negara Kangguru tersebut tergolong hebat.

Postur pemain yang tinggi dan gaya permainan yang cepat, membuat tim ini sangat unggul dalam skala Asia. Bahkan dari 7 kali lolosnya tim Socceroos itu berhasil meraih empat kali lolos semifinal.

Di sisi lain, Kuwait juga perlu menjadi fokus utama tim Indonesia. Tim yang merupakan tuan rumah ini pernah mencatatkan enam kali tembus ke putaran final Piala Asia. Selain itu juga faktor bermain kandang akan menguntungkan lawan.

Tim U-17 Indonesia. (Foto: PSSI)

Untuk Garuda Muda sendiri pernah mencatatkan taringnya pada tahun 1990 dengan menempati peringkat ke empat. Kala itu Indonesia kalah melawan Cina 5-0, sehingga harus puas mencapai tempat tersebut.

Selain itu juga pernah mencapai perempat final pada tahun 2018. Ini menjadi sebuah catatan yang cukup baik untuk modal tim U-17 Indonesia ajang tersebut.

“Harapannya, kami bisa mengulangi prestasi lagi, dimana kita punya kenangan baik di Kuwait ya, saat itu timnas Senior lolos ke Piala Asia. Tim U-16 juga bisa lolos ke Piala Asia U-16. Kita harus siap menghadapi aklimatisasi cuaca di Kuwait. Saya berharap pemain bisa cepat beradaptasi dengan cuaca di sana agar bisa tampil maksimal,”  ujar mantan Pemain Persib Bandung 2007 itu.

BACA JUGA:   Cesc Fabregas Resmi Gantung Sepatu

Dalam ajang ini hanya juara Grup dan lima runner-up terbaik yang dapat lolos ke Piala Asia U-17 2025. Sehingga Indonesia harus meraih kemenangan secara besar untuk mendapatkan posisi aman, atau setidaknya dua kali kemenangan dan satu seri untuk menempuh runner-up. Ajang ini akan berlangsung pada 19 dan 27 Oktober 2024.

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...