Natal, 151 Napi di Rutan dan Lapas Salemba Dapat Remisi

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebanyak 151 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana Lembaga Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I dan Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Salemba mendapatkan remisi pada perayaan Natal 25 Desember 2021.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Salemba Kelas 1 Salemba Jakarta Pusat Fonika Affandi mengatakan, di tempatnya 58 warga binaan dapat remisi.

“Warga binaan yang mendapat remisi adalah yang memenuhi syarat atas usulan remisi khusus. Selain itu juga dinyatakan berkelakuan baik serta berperan aktif dalam program pembinaan Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat,” ucap Fonika Affandi saat dihubungi.

Untuk diketahui, penghuni Rutan Kelas 1 Jakarta Pusat berjumlah 3.545 orang.

Rinciannya, 1.615 narapidana dan 1.930 tahanan.  Dari jumlah 3.545 orang itu, diketahui Warga Binaan Pemasyarakatan yang beragama kristen 379 orang, yang terdiri 155 orang narapidana dan 224 orang tahanan.

“Jumlah prosentase narapidana yang menerima remisi sebanyak 37%. Hal ini diharapkan menjadi stimulus bagi WBP lainnya agar berkelakuan baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Fonika mengatakan, pemberian remisi kepada narapidana telah memenuhi syarat administratif maupun substantif sesuai UU No. 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Sementara itu, Kepala Lapas Salemba Yosafat Rizanto mengatakan, di tempatnya ada 132 warga binaan yang beragama Kristen. Namun hanya 93 warga binaan yang mendapat remisi Natal.

“Di Lapas ada 93 yang menerima remisi pada Natal tahun ini,” terang Yosafat.

Lebih lanjut, kalapas memastikan pemberian remisi tersebut dilakukan secara selektif dan transparan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

Menurutnya pemberian remisi kepada WBP di Lapas Salemba merupakan perwujudan pemajuan dan perlindungan HAM.

“Pemberian remisi untuk mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan. Bukan hanya itu, pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi Negara terhadap warga binaan yang meningkatkan kualitas diri selama berada di Lapas,” paparnya.

Artikel Terkait

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Bertemu di PON NTB-NTT

FT News - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan...

Sah! Gamers Cantik Listy Chan Mualaf

Nama Listy Chan, gamers cantik yang sempat populer di...

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Jabar Sukses Capai Target Juara Umum, Ini Daerah-daerah yang Naik dan Melorot di PON XXI

FTNews--- Jelang penutupan posisi Jawa Barat (Jabar) sebagai ‘jagoan’...