Timnas Indonesia Siap Kebanjiran Naturalisasi

FTNews – Walaupun kisruh pemain naturalisasi belum usai, namun timnas Indonesia siap kebanjiran naturalisasi. Hal ini langsung dipastikan oleh Menpora RI, Dito Ariotedjo akan kehadiran pemain naturalisasi untuk Skuat Garuda.

Pasalnya saat ini timnas Indonesia sudah memiliki setidaknya 14 pemain keturunan yang sudah merumput dengan Shin Tae-Yong. Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen. Kemudian Marc Klok, Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Shayne Pattynama. Serta pemain keturunan terbaru Maartern Paes, Jens Raven dan Calvin Verdonk.

Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/Jayidzes)

Namun untuk Maarten Paes hingga saat ini masih mengurus persidangan dalam Arbitrase Olahraga Internasiona (CAS) mengenai perpindahan federasi. Sedangkan untuk Jens Raven masih belum melakukan sumpah WNI karena sebelumnya bertanding bersama tim U-20 di Toulon, Prancis.

“Kami telah melakukan berbagai dukungan untuk semua yang telah dirancang oleh PSSI, dimana Kemenpora terus mendukung dan ke depan ini banyak juga pemain naturalisasi yang bergabung dengan Timnas Indonesia dan ini terus dimaksimalkan,” ujar Dito.
Menpora RI, Dito Ariotedjo. (Foto: Instagram/Dito)
Penambahan pemain keturunan ini tentunya akan sangat membantu kekuatan timnas Indonesia. Mengingat Skuat Garuda akan menghadapi ajang yang lebih besar yakni putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Tidak Singkirkan Pemain Lokal

Sehingga pentingnya menambah kekuatan untuk timnas agar semakin kuat harus PSSI lakukan. Walaupun begitu Shin Tae-Yong selaku pelatih juga tidak menyingkirkan pemain lokal. Jika mereka memiliki skill yang sesuai dengan kebutuhan tim, maka ia akan tarik.
Seperti kita ketahui bahwa masih ada pemain lokal yang menjadi starting line up tidak tergantikan, mulai dari Ernando Ari, Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan. Nama-nama tersebut selalu menjadi pilihan utama saat ini.
Pemain lokal timnas Indonesia, Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan. (Foto: Instagram/Marselicous)
Hal seperti ini akan melahirkan persaingan sehat untuk pemain timnas Indonesia. Ini juga akan menjadikan seluruh pemain yang ingin bergabung dengan Skuat Garuda harus berlatih dengan baik agar mendapatkan kesempatan.
Dengan adanya ramuan tersebut, bahkan banyak pencapaian terbaik yang sudah mereka lewati. Seperti tembus 16 Besar Piala Asia 2023, Semifinal Piala Asia U-23 2024 hingga mencapai ranking FIFA 134 dar 175 dalam 4 tahun kurang.

Artikel Terkait