Pemprov Bengkulu Dorong Pelayanan Berobat Gratis JKN Makin Mudah

FTNews, Kota Bengkulu— Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri mendorong pelayanan berobat gratis menggunakan JKN semakin mudah.

“UHC kita sudah 99 persen tapi ternyata UHC itu syarat pelayananya (kartu pesertanya) yang aktif selama ini memang banyak. Tapi kartu BPJS masyarakat yang aktif itu tidak membayar iuran, nah, proses pengaktifkan ini yang dibahas,” kata Sekda Isnan Fàjri saat Rapat Komunikasi Universal Health Coverage (UHC) tahap I Tahun 2024 di ruang Rafflesia Kantor Gùbernur Bengkulu, Jumat (21/6/2024), dilansir mediacenterbkl

Secara mekanisme, untuk pengaktifkan kepesertaan UHC ini, masyarakat Bengkulu harus melaporkan ke Dinkes Provinsi Bengkulu terlebih dahulu untuk dilakukan cross chek pendataan mendalam.

Setelahnya, laporan yang diterima Dinkes Provinsi Bengkulu tersebut, Pemerintah Daerah bisa mengecek mana masyarakat yang masuk dalam kuota UHC yang dibayarkan Pemerintah untuk nanti dikordinasikan ke BPJS Kesehatan.

“Kalau kuota yang dibayarkan masuk dalam anggaran Pemerintah bisa diaktifkan langsung, namun kalau yang tidak, itu yang susah proses pengaktifkannya. Ini harus lapor ke Dinkes terus BPJS baru bisa diaktifkan” ujar Sekda Isnan Fajri.

Masyarakat Bengkulu, ujarnya, saat ini masih banyak yang belum mengetahui mekanisme pengaktifan UHC sehingga diperlukan sosialisasi yang mendalam.***

Artikel Terkait

Bengkulu Keluar dari ‘Grup 10 Besar Daerah Inflasi Tertinggi’, Denny: Sekarang Kategori Ideal

FTNews, Bengkulu--- Berkat kerja keras, akhirnya Provinsi Bengkulu berhasil...

Harga Tomat Anjlok, KAGAMA Bengkulu Salurkan 3 Ton Tomat Gratis ke Warga

FTNews, Bengkulu--- Guna mendukung kelangsungan perekonomian hasil tani di...

Kepatuhan Bayar Pajak Kendaraan Masih Rendah, Ini Upaya yang Dilakukan

FTNews ---- Kepatuhan masyarakat Bengkulu dalam membayar Pajak Kendaraan...

Kabar Gembira! Disperdag Sediakan Bantuan untuk Toko Kelontong dan Warung, segera Daftar!

FTNews, Kota Bengkulu--- Kabar gembira untuk masyarakat Kota Bengkulu...