Pilih Sesuai Kebutuhan, Ini Fungsi Gemini, ChatGPT, dan Copilot AI

FTNews – Beberapa waktu belakangan, chatbot artificial intelligence (AI) sangat masif digunakan. Terkini ada tiga chatbot terkemuka yang tersedia, seperti Gemini, ChatGPT, dan Copilot AI. Lalu, mana yang terbaik?

Sering kali, pengguna menggunakan chatbot untuk membuat kode program, olah gambar, dan menjawab pertanyaan. Berikut ini perbedaan terbesar antara chatbot, sehingga pengguna dapat memilih salah satu yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Fungsi Gemini
ChatGPT. Foto: ZDNET

Gunakan ChatGPT untuk…

OpenAI memungkinkan pengguna mengakses ChatGPT yang didukung model GPT-3.5 dan GPT-4o, bagi pengguna yang mendaftar. Untuk fitur berbayar seperti GPT-4, pengguna harus membayar seharga $20 (Rp 327.971) per bulan.

Pengguna dapat menggunakan GPT-4o untuk memproses dan menghasilkan teks, gambar, dan suara. Ini membuatnya lebih cepat daripada GPT-4 untuk pelanggan ChatGPT berbayar. Selain itu, sama baiknya bagi pengguna ChatGPT yang tidak ingin membayar. Meski demikian, chatbot ini rentan terhadap misinformasi.

Fungsi Gemini
Gemini AI. Foto: Google

Gemini Cocok untuk…

Gemini memberikan jawaban cepat dan makin akurat dari waktu ke waktu. Namun, tidak lebih cepat dari ChatGPT Plus, tetapi dapat merespons lebih cepat dari Copilot dan lebih cepat dari ChatGPT versi GPT-3.5 gratis. Meskipun hasil yang didapatkan mungkin berbeda. 

Gemini juga tidak terbatas pada jumlah respons tertentu. Pengguna dapat menggunakan fungsi Gemini untuk melakukan percakapan panjang dengan Gemini milik Google, tidak seperti Copilot, yang dibatasi hingga lima balasan dalam satu percakapan. Bahkan, ChatGPT Plus membatasi pengguna hingga 40 pesan setiap tiga jam. 

Pengguna juga dapat membuat gambar menggunakan Gemini, mengunggah foto melalui integrasi dengan Google Lens , dan menikmati plugin Kayak, OpenTable, Instacart, dan Wolfram Alpha.

Fungsi Gemini lain dapat dipadukan ke dalam aplikasi Google lain, melalui ekstensi yang ditambahkan. Pengguna dapat menambahkan ekstensi untuk Google Workspace, YouTube, Google Maps, Google Flights, dan Google Hotels.

BACA JUGA:   Meski Kabel Sempat Kendor, Neuralink Siap Tampung Pasien Baru
Fungsi Gemini
Copilot AI. Foto: Microsoft

Gunakan Copilot Jika…

Copilot didukung oleh GPT-4, LLM OpenAI, dan sepenuhnya gratis. Sayangnya, pengguna dibatasi hingga lima respons per percakapan. Serta, hanya dapat memasukkan hingga 4.000 karakter di setiap perintah

Pengguna juga dapat meminta Copilot untuk membuat gambar. Berikan Copilot deskripsi tentang seperti apa gambar yang inginkan, dan chatbot akan membuat empat gambar yang dapat dipilih.

Microsoft telah memperbarui platformnya beberapa kali untuk menambahkan fitur visual ke Copilot, yang sebelumnya bernama Bing Chat.

Pada tahap ini, pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada Copilot seperti, “Apa itu Tasmanian devil?” dan mendapatkan respons lengkap dengan foto, rentang hidup, pola makan, dan banyak lagi.

Artikel Terkait