Kaesang Pangarep vs Anies Baswedan di Pilkada DKI, Pengamat Sebut Sosok Ini Lebih Unggul

FT News – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku siap lawan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Pilkada DKI 2024.

“Saya sendiri masih Istiqoroh dulu, tapi ketika ada permintaan dari masyarakat terkhusus Jakarta, saya siap, siap melawan pak Anies Baswedan, saya pun siap untuk melawan pak Ridwan Kamil,” ujar Kaesang Pangarep saat menyambangi kantor DPP PKB, Selasa (7/8/2024).

Terkait kesiapan Kaesang untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 dan melawan Anies Baswedan, pengamat politik Ujang Komarudin memiliki pandangan lain.

Menurut Ujang, jika Kaesang dan Anies yang bertarung di Pilkada DKI 2024, sosok lainnya yakni Ridwan Kamil (RK) patut diperhitungkan.

“Jadi jauh beda lah. RK lebih unggul. Lebih bagus, lebih berpengalaman dan pernah jadi kepala daerah di Jawa Barat. Jadi di Jakarta, selain Anies ya lebih cocok RK,” jelas Ujang kepada FTNews, Rabu (7/8).

Ridwan Kamil saat sambangi Kantor Persija di kawasan Senayan pada 2015 [Facebook Persija]

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini beralasan elektabilitas Kaesang masih jauh di bawah Anies Baswedan dan RK.

Survei Litbang Kompas pada Juni lalu menunjukkan elektabilitas Kaesang masih 1 persen.

Kemudian, sebanyak 33,8 persen responden tidak akan memilih Kaesang Pangarep jika dicalonkan sebagai Gubernur Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Sementara itu, Elektabilitas RK di Jakarta berada di posisi ketiga dengan 8,5 persen berdasarkan hasil survei Litbang Kompas.

Modal Kuat Ridwan Kamil Kalahkan Anies Baswedan di Pilkada DKI [Instagram]

Elektabilitas Eks Gubernur Jawa Barat ini masih kalah dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebesar 20 persen dan Anies Baswedan 29,8 persen.

Putra Presiden Jokowi ini, beberapa waktu lalu tegas mengatakan siap bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Kalau saya pribadi, diminta untuk bisa nanti oleh masyarakat untuk maju ke pilkada melawan Pak Anies saya berani, melawan Pak Ridwan Kamil juga saya berani,” kata Kaesang di Jakarta.

BACA JUGA:   Wakapolri Paparkan Cara Lindungi Dunia Pendidikan dari Radikalisme

Hal ini disampaikan Kaesang saat memberikan rekomendasi kepada 13 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024.

Artikel Terkait