Pesan Tahun Baru Paus Fransiskus: Kekerasan Terhadap Perempuan Sama dengan Menghina Tuhan

Forumterkininews.id, Vatikan – Paus Fransiskus menyerukan penghentian kekerasan terhadap perempuan melalui.

Seruan ini disampaikan dalam pesan Tahun Baru dalam misa di Basilika Santo Petrus, Vatikan, karena ibu memberikan kehidupan, dan perempuan menjaga dunia.

“Mari kita lakukan upaya yang lebih besar untuk mendukung ibu dan melindungi perempuan,” kata Paus Fransiskus sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (2/1).

“Betapa banyak kekerasan yang ditujukan terhadap perempuan! Cukup! Menyakiti seorang perempuan berarti menghina Tuhan. Karena dari seorang perempuan berasal kemanusiaan kita, bukan melalui malaikat, tetapi melalui seorang perempuan,” kata Paus.

“Maria mendapati dirinya dalam kegelapan Betlehem. Namun di situlah dia memberikan Tuhan kepada dunia,” ujar Paus.

Sejak pandemi COVID-19 dimulai dua tahun lalu, Fransiskus beberapa kali menentang kekerasan dalam rumah tangga yang meningkat di banyak negara. Pasalnya dengan kebijakan lockdown membuat banyak perempuan terjebak dengan pelaku kekerasan.

Pesan perdamaian tahunan dikirim ke para kepala negara dan organisasi internasional, dan Paus memberikan salinan pesan yang ditandatangani kepada para pemimpin yang melakukan kunjungan resmi kepadanya di Vatikan.

Misa hari Sabtu 2022 adalah pertama kalinya sejak 2019. Pasalnya dua tahun sebelumnya melewatkan pidato karena penyakit panggul yang dideritanya.

Artikel Terkait