Setelah AU, Pomal Periksa Prajurit AL yang Terlibat Pengiriman TKI ILegal

Forumterkininews.id, Jakarta – Setelah prajurit TNI Angkatan Udara berpangkat Sersan Kepala jadi tersangka pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia, sekarang giliran Angkatan Laut.

Salah seorang prajurit TNI Angkatan Laut diperiksa Polisi Militer lantaran rumah yang dikontrakkan dijadikan tempat penampungan TKI Ilegal.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan temuan itu didapatkan usai pihaknya melakukan investigasi sendiri lantaran tidak mendapat informasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

“Kami tidak dapat (informasi) di luar, maka kita cari di dalam sendiri. Kita kan memiliki perangkat intelijen dan sebagainya. Kemarin kita temukan ada anggota kita yang memiliki rumah yang dikontrakkan. Nah dia enggak tahu ternyata kontrakannya itu digunakan untuk tempat imigran gelap tersebut,” kata Yudo usai upacara peringatan HUT ke-59 Korps Wanita TNI Angkatan Laut, di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/1).

“Tetapi karena ini kelalaiannya dia, ya sekarang ini kita periksa di POMAL,” imbuhnya.

Yudo menyatakan, rumah yang dikontrakkan anggota itu adalah tempat tinggal pribadi. Pihaknya, kata dia, akan mendalami pengakuan anggota tersebut. Ia memastikan bakal memberi hukuman jika anggota itu memang terlibat.

“Kita akan dalami dulu. Masa orang rumahnya dikontrak nggak tahu siapa yang ngontrak, terus digunakan ilegal masa nggak tahu. Makanya ini masih didalami. Dan pasti, nanti, akan kita hukum. Entah hukumannya pidana atau disiplin, ya tentunya dari hasil pemeriksaannya POMAL,” kata Yudo.

Sebelumnya, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menduga oknum TNI AL dan TNI AU terlibat membantu kegiatan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia.

Fakta itu terkuak berdasarkan hasil investigasi tragedi tenggelamnya kapal yang menewaskan sejumlah TKI ilegal di lepas pantai Johor Baru, Malaysia.

BACA JUGA:   Sebanyak 33.170 Peserta Ramaikan Fun Bike HUT Bhayangkara

 

Artikel Terkait