Peran Penting Vitamin D3 untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pertumbuhan

FT News – Selama masa-masa krusial kehamilan, seorang ibu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan, minuman, dan vitamin yang dikonsumsinya. Hal ini penting agar bayi bisa lahir dan tumbuh dengan sehat.

Hal tersebut dikatakan oleh dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, MKes, FICS.

“Selain dari makanan, ibu hamil juga bisa mengonsumsi vitamin D3 yang tepat untuk memastikan janin tumbuh dengan baik dan sang ibu tetap sehat selama masa kehamilan,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/9/2024).

bayi
Ilustrasi bayi. {foto: thepublicdiscourse.com]

 

Dokter Spesialis Anak, dr. Yoga Yandika, Sp.A, menambahkan bahwa peran penting seorang ibu dalam menjaga kesehatan keluarga terus berlanjut selama masa emas pertumbuhan anak (golden period).

Asupan vitamin D3 yang cukup bisa membuat anak terhindar dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan kesehatan tulang, membantu perkembangan otak, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Indonesia ini kaya akan sinar matahari sebagai salah satu sumber vitamin D. Tetapi sampai saat ini masih banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa mereka mengalami kekurangan (defisit) asupan vitamin D3,” ujarnya.

vitamin
Ilustrasi Vitamin. [Pexels]

Pemilihan vitamin D3 yang tepat juga perlu diperhatikan karena mengingat banyaknya vitamin yang beredar di pasaran. Ibu perlu memastikan bahwa vitamin D3 yang dipilih merupakan vitamin dari produsen terpercaya, berkualitas baik dan teruji, serta memiliki manfaat yang telah dirasakan oleh orang banyak.

 

 

 

Artikel Terkait

Konsumsi Manis di Era Modern Tingkatkan Risiko Diabetes

FT News - Peningkatan kasus diabetes di Indonesia telah...

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Memeluknya

FT News – Keluarga yang harmonis dan sehat bisa...

Waspada Jika Setelah Minum Air Putih Membuat Sering Buang Air Kecil

FT News – Sering buang air kecil setelah mengonsumsi...

Benarkah Gen Z Banyak yang Mengalami Bahaya Kesehatan Mental?

FT News – World Health Organization (WHO) atau organisasi...