Mengenal Tasawuf Underground: Tempat Anak Punk Ingat Akhirat

FT News –  Komunitas anak punk kerap mendapat stigma buruk dari masyarakat. Anak-anak punk yang kerap ditemui di lampu merah atau transportasi umum dipandang sebelah mata karena tampilan luarnya.

Padahal jika merujuk pada sejumlah sumber, punk dikaji dari sudut filosofis dan ideologis ialah merupakan gerakan perlawanan anak muda kepada tatanan hidup berlandaskan dari keyakinan we can do it ourselves.

Jika menilik dari kajian sejarah, punk mulai muncul di London Inggris dan berawal dari kelompok skinhead. Di era 80-an, gerakan ini makin populer di Amerika Serikat.

ilustrasi anak punk [Wikipedia]

Di Indonesia, beberapa komunitas punk mulai menjamur di sejumlah kota besar, seperti di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya hingga Malang.

Kelompok punk di Indonesia memiliki kode etik sendiri yakni Do It Yourself atau DIY, yang berarti gerakan untuk berdikari di setiap lapisan kehidupan, praktik DIY sederhananya bisa dilihat bagaimana anak-anak punk mengamen di lampu merah untuk menyambung hidup.

Meski kental dengan stigma buruk di masyarakat, kelompok punk juga ingat Tuhan, kok bisa?

Salah satu komunitas di kawasan Ciputat, Tangsel, Tasawuf Underground dikenal sebagai tempat untuk anak-anak punk ingat dengan Allah SWT, tuhan sang Maha Pencipta.

@tasawufunderground

GARA-GARA ANAK PUNK NGAJI, JADI INGAT ORANGTUA Ayo Tadarus, Bro! Perbanyak ibadah kepada Allah di sepuluh terakhir Ramadhan. Semoga kita bisa meraih Lailatul Qadar, mendapat limpahan rahmat, berkah dan ampunan Allah SWT. Malam ini, santri Tasawuf Underground bertadarus sampai di Surah Luqman, yang memberi pesan untuk bersyukur kepada Allah, berterima kasih kepada kedua orangtua, mengingat tentang perjuangan orangtua dan kasih sayang mereka kepada anak. Semoga kita menjadi anak-anak yang bisa berbakti kepada kedua orangtua. Allah SWT berfirman: وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ​ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ‏  “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun.1 Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS Luqman: 14)

♬ original sound – Tasawuf Underground – Tasawuf Underground

Tasawuf Underground merupakan ponpes yang didirikan oleh Halim Ambiya pada 8 Februari 2012. Tasawuf Underground menjadi gerakan dakwah yang menyasar kepada komunitas punk dan anak jalanan.

Awalnya, Halim Ambiya aktif di sosial media Facebook dengan membagikan tasawuf yang ringan, inspiratif, dan penuh hikmah, Halim Ambiya menyebarkan virus-virus cinta tasawuf dan dakwah yang ramah dan penuh cinta kasih.

Menurut Halim, tujuan pendirian Tasawuf Underground untuk menjawab kegelisahan intelektualnya yang melihat miskinnya tradisi ilmiah di media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Untuk mengembangkan dakwahnya, Halim Ambiya pun tak hanya menyelenggarakan pengajian online, tetapi juga pengajian off air. Dia membuat pengajian di rumah, kantor, dan dari kafe ke kafe dalam sebuah program yang disebutnya sebagai Sufi After Hours.

Secara organisatoris, Tasawuf Underground sebagai komunitas dan pondok pesantren berada di bawah Yayasan Bahjatun-Nufus. Akta Notaris Nomor 03 Tanggal 10 Maret, Syafiuddin Zuhri, SH, MKn. SK Kemenkumham RI Nomor AHU-0003650.AH.01.04.

“Rasulullah tidak memanggil Abu Bakar, Utsman, Umar, Ali sebagai ‘tilmid’ atau ‘thalib’, tapi memanggilnya sebagai ‘shohib’, sebagai sahabat. Jadi, konsep persahabatan adalah metodologi dakwah yang paling pas. Karenanya, perlu mendekati anak punk dan jalanan itu dengan sebuah konsep persahabatan.” kata Halim seperti dikutip dari sejumlah sumber.

Pada 2018, Komunitas Tasawuf Underground yang dipimpin oleh Ustadz Halim Ambiya menggelar pengajian di beberapa titik sekitar Jabodetabek, seperti di Ciputat, Sawangan, Parung, Pondok Ranji, Tebet, Gondangdia, Tanah Abang, Cipinang, Tanjung Priok, dan Kebon Jeruk.

Terdapat sekitar 120 anak punk dan jalanan binaan Tasawuf Underground di seluruh Jabodetabek.

Artikel Terkait

Lagi, Jokowi Diteriaki Mulyono Oleh Warga

FT News – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke...

Pilot Susi Air Philip Mahrtens Sudah Bebas, Ini Proses Pembebasannya!

FT News - Pilot Susi Air, Philip Mark Mahrtens, akhirnya...