Benny Rhamdani: Selain TNI, Anggota Polri juga Terlibat Pengiriman TKI Ilegal

Forumterkininews.id, Jakarta – TNI Angkatan Udara dan Laut telah mempublikasikan anggotanya yang diduga terlibat pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia yang berujung petaka. Namun pihak kepolisian belum menangkap ataupun memeriksa anggotanya yang dituding ikut terlibat dalam praktek illegal ini.

Sebelumnya Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengatakan anggota polisi diduga terlibat dalam pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia. Kapal yang membawa PMI itu tenggelam di lepas pantai Johor Baru, Malaysia.

“Iya anggota TNI AU, anggota TNI AL dan anggota Polri (diduga terlibat). Kami harus mengatakan itu kan, karena BP2MI bukan penegak hukum, sehingga kami mengatakan dugaan,” kata Benny saat dihubungi, Rabu (5/1).

Benny mengatakan dugaan keterlibatan anggota itu sudah disampaikannya kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Dengan Kapolri kan kemarin sudah menyampaikan, termasuk adanya dugaan keterlibatan anggota Polri. Tapi tentu menjadi kewenangan dari institusi yang bersangkutan. Apakah mau mem-publish namanya, apakah mau mengambil tindakan apa, sifatnya kita hanya menyampaikan hasil investigasi,” katanya.

Dalam kasus itu, ia menyebut pihaknya sudah sangat terbuka dengan memberi informasi kepada instansi yang anggotanya diduga terlibat.

“Jadi terbuka dengan tetap mengedepankan aspek etika. Karena jika bicara nama, siapa, kita ingin menyerahkannya langsung ke institusi yang bersangkutan. Sehingga jenis-jenis misalnya keterlibatan, perannya seperti apa, itu ada kok semua,” katanya.

BP2MI sebelumnya menduga oknum TNI AL dan TNI AU terlibat membantu kegiatan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal ke Malaysia.

Fakta itu terkuak berdasarkan hasil investigasi tragedi tenggelamnya kapal yang menewaskan sejumlah TKI ilegal di lepas pantai Johor Baru, Malaysia.

BACA JUGA:   Begini Peran Mantan Kepala BNI Mataram dalam Perkara Korupsi KUR

 

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...