Meski ‘Jauh’ dari Ahmad Dhani, Pengaruhnya Masih Besar Bagi The Virgin

FT News – Duo Mita dan Dara dari The Virgin akhirnya mengakhiri puasa album yang telah mereka lakukan sejak 10 tahun yang lalu.

Mereka baru saja merilis sebuah album yang bernamakan Full Circle pada 30 Agustus 2024 silam. Mereka merilis sebanyak delapan lagu, yaitu tujuh lagu orisinil dan satu lagu cover yang juga menjadi focus track, yaitu Bimbi ciptaan Titiek Puspa.

“Album itu untuk musisi ibarat kayak ibu rumah tangga, enggak punya anak. Jadi kalo album kita berojol setelah jalan 10 tahun, rasanya lega gitu,” ungkap Mita kepada FT News, Rabu (18/9).

The Virgin saat melakukan kunjungan ke IndoPop, Rabu (18/9). Foto: Vallentino/FT News

Di album terbarunya, mereka meninggalkan Republik Cinta Management (RCM) milik Ahmad Dhani, yang telah menuntun mereka dari awal. Bahkan, pembentukan The Virgin sendiri merupakan ide dari Ahmad Dhani sendiri.

Namun, mereka harus melanjutkan perjalanannya bersama salah satu label besar juga, yaitu Big Indie Nagaswara.

Dengan kepindahan label ini, bukan berarti The Virgin menjadi berubah haluan. Malah, mereka tetap menggunakan komposisi yang Ahmad Dhani terapkan di dalam band tersebut.

“Untuk masalah influence itu udah pasti ya. Dari album pertama itu kan Mas Dhani campur tangan banget. Jadi Mas Dhani itu udah punya pattern sendiri,” jelas Mita.

The Virgin saat melakukan kunjungan ke IndoPop, Rabu (18/9). Foto: Vallentino/FT News

The Virgin masih menerapkan formula lamanya saat berada di bawah RCM. Mulai dari pembagian vokal, ciri-ciri musik, dan lain sebagainya.

“Jadi walaupun album ketiga ini Mas Dhani tidak terjun untuk ngebantu, tapi kita udah punya patokannya sendiri. Ditambah lagi kita punya music director yang ditugasin Mas Dhani untuk mengikuti alurnya, gayanya Mas Dhani,” pungkas Mita.

Meskipun sudah ‘dilepas’, namun pengaruh dari Ahmad Dhani di dalam The Virgin masih sangat besar. Terutama dalam pembuatan album terbarunya ini.

Artikel Terkait

Jimi Hendrix Gitaris Paling Ikonik Sepanjang Masa Versi Billboard

FT News - Jimi Hendrix dinobatkan sebagai gitaris paling...

Pandji Lelang Trading Card Almarhum Babe Cabita Untuk Anak Pasien Kanker

FT News - Komika Pandji Pragiwaksono melalang trading card...

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...