Cerita Pilot Philip Mehrtens, Setahun Lebih Disandera KKB Akhirnya Bebas

FT News – Philip Mark Mehrtens, Pilot Susi Air akhirnya berhasil dibebaskan setelah disandera selama 1,5 tahun oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Papua, Sabtu (21/9).

Diketahui, Philip Mark Mehrtens disandera KKB pada 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Ketika peristiwa itu terjadi, pesawat yang dibawa Philip Mehrtens terbakar. Kemudian, TPNPB-OPM mengaku jadi pihak di balik aksi pembakaran pesawat serta menyandera pilot pesawat.

Philip beberapa kali juga muncul dalam video yang disebarkan oleh OPM. OPM sendiri beberapa kali mengatakan akan membebaskan Philip.

Philllips Mehrtens saat disandera oleh OPM. (Foto: Ist)

Setahun setelah Philip Mehrtens disandera, TPNPB-OPM juga pernah merilis foto dan video Philip dan mengatakan akan membebaskan Phillip atas dasar kemanusiaan. Dalam video itu, Phillip menuturkan bahwa tanggal video direkam adalah pada 22 Desember 2023.

Selanjutnya, pada awal Agustus 2024, TPNPB-OPM juga mengatakan akan membebaskan Phillip dalam 1-2 bulan ke depan. Akan tetapi, beberapa pihak menilai ini ucapan tersebut hanya propaganda.

Minggu lalu, TPNPB-OPM juga mengajukan proposal pembebasan Phillip. Dalam proposal yang dibagikan Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, dipaparkan simulasi proses pembebasan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu.

Salah satu poin dalam proposal itu adalah pemerintah Selandia Baru diminta menyiapkan pesawat sipil dengan rute Selandia Baru-PNG-West Papua (Jayapura). Pesawat itu kemudian diminta mendarat di Bandara Sentani untuk menunggu tim dari OPM yang menjemput Phillip dari Nduga, Papua.

Sebby Sambom mengatakan kepastian Phillip dibebaskan menunggu persetujuan dari pemerintah Indonesia dan Selandia Baru.

Foto Phillips Mehrtens selama disandera oleh OPM. (Foto: Ist)

Merespons permintaan itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, Kombes Bayu Suseno mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan stakeholder dan lainnya setelah memastikan kebenaran proposal dari TPNPB-OPM.

BACA JUGA:   Ricky Rizal Dituntut 8 Tahun Penjara Terkait Kasus Tewasnya Brigadir J

“Penting bagi kami untuk memastikan bahwa proposal ini benar-benar upaya serius untuk membebaskan pilot, mengingat KKB sebelumnya kerap membuat propaganda serupa,” terangnya dalam keterangan tertulis.

Hari ini, Sabtu (21/9), Phillip Mehrtens berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Kombes Bayu Suseno memaparkan bahwa Phillip Mehrtens berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan yang bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Setelah berhasil dibebaskan, Phillip kemudian diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika. “Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Phillip dalam keadaan sehat. Pilot sudah kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika,” ucap Bayu Suseno dalam keterangan persnya.

Phillip kemudian langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Phillip Mehrtens dalam keadaan stabil. 

 

Artikel Terkait

Pilot Susi Air Bebas, Kapolri Ucapkan Selamat

FT News – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan...

Presiden Joko Widodo Apresiasi TNI-Polri Sukses Bebaskan Philip Mark Mehrtens

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi...

Rocky Gerung: Jokowi Akan Crash Landing

FT News – Akademisi yang juga pengamat politik, Rocky...

Lagi, Jokowi Diteriaki Mulyono Oleh Warga

FT News – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke...