Semringah Nana Sudjana Sambut Kontingen PON Jateng: Kita Sempat Posisi ke 21 Berhasil Naik ke 5 Besar

FTNews, Semarang— Suka cita mengiringi kepulangan “Pahlawan Olahraga” Jawa Tengah, sesuai berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Meski sempat menghuni papan bawah perolehan medali, kontingen Jateng akhirnya berjaya dengan raihan 260 medali dan menempati lima besar pada klasemen akhir.

Kepulangan para pahlawan olahraga tersebut, disambut Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, di Bandara Ahmad Yani, Sabtu (21/9/2024) sore. Senyum yang tersungging, ditambah kilau medali emas, membuat suasana makin meriah.

“Kita sempat berada di posisi 21 dari 38 kontingen, namun akhirnya posisi kita naik. Hingga di posisi enam sempat tersendat, dan akhirnya H-1 penutupan kita mampu menggeser tuan rumah Aceh dan bercokol di posisi ke lima,” ungkap Nana, penuh bangga, dilansir jatengprov

Ia merinci, dari 260 medali, raihan emas sebanyak 71 medali, raihan perak 74 medali, dan perunggu 115 medali. Dari raihan itu, terdapat cabang olahraga di mana kontingen Jateng mendominasi perolehan medali, yakni wushu, bulu tangkis, sepak takraw, paralayang, dan woodball.

“Dari sekian banyak medali, ada yang didapat oleh atlet junior yang baru kali pertama ikut PON. Harapannya dua tahun ke depan bisa masuk tiga besar,” urainya.

 

Pj Gubernur Nana Sudjana bersama Kontingen PON Jateng. (21/9/2024)/Foto: Diskominfo Jateng

 

Peningkatan Sarana Olahraga

Agar harapan ini terwujud, Nana berjanji meningkatkan sarana olahraga. Rencananya, secara bertahap mulai 2025 akan ditambah berbagai alat olahraga, sebagai sarana latihan atlet.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Agung Hariyadi menyebut, dengan penguatan pembinaan, diharapkan atlet muda dapat mendulang medali.

“Atlet muda adalah modal kita untuk ikut PON ke depan, mereka punya kans menoreh prestasi. Harapannya selain support dari pemerintah daerah, juga dari dunia usaha pecinta olahraga. Nah kita akan kolaborasikan dukungan antar-stakeholder tersebut,” tuturnya.

BACA JUGA:   Klub Terlibat 'Match Fixing' Masih Tampil di Liga Indonesia

Atlet bola voli pasir Devi Melinda Novitasari, merasa bersyukur atas medali emas yang diraih. Meski berat, ia cukup puas dengan hasil yang diperoleh.

Alhamdulillah bisa mendapat medali emas,” sebutnya.***

Artikel Terkait