Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan pernikahan sesama jenis menjadi undang-undang pada Selasa (24/9). Pengesahan ini menjadikan Thailand sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang mengakui pernikahan sesama jenis.

Raja Vajiralongkorn memberikan persetujuan kerajaan terhadap undang-undang baru yang disahkan oleh parlemen pada bulan Juni.

Undang-Undang ini akan berlaku dalam 120 hari ke depan. Artinya, pernikahan pertama bisa dilakukan pada Januari 2025.

Para aktivis memuji persetujuan resmi raja sebagai sebuah ‘langkah monumental’. Pasalnya, Thailand menjadi tempat ketiga di Asia di mana pasangan sesama jenis bisa menikah setelah Taiwan dan Nepal.

Komunitas LGBTQ di Thailand merayakan resminya pernikahan sesama jenis. (Foto: Ist)

“Undang-Undang tersebut merupakan langkah monumental menuju persamaan hak di Thailand,” ucap Advokat hak LGBT Thailand, Waaddao Chumaporn, dikutip dari AFO, Rabu (25/9).

Chumaporn mengaku akan menyelenggarakan pernikahan massal untuk lebih dari seribu pasangan LGBTQ di Bangkok pada 22 Januari 2025 atau pada hari pertama Undang-Undang ini berlaku.

“Kami semua gembira. Kami telah memperjuangkan hak-hak kami selama lebih dari sepuluh tahun dan kini hal itu akhirnya terwujud,” ujar Siritata Ninlapruek, seorang aktivis LGBTQ di Thailand.

Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra juga memberikan ucapan selamat di platform media sosial X. “Terima kasih atas dukungan dari semua sektor. Ini adalah perjuangan bersama untuk semua orang,” tulis Shinawatra.

Pernikahan sesama jenis di Thailand. (Foto: Ist)

Undang-Undang ini sebelumnya disahkan melalui parlemen oleh perdana menteri Thailand yang saat itu tengah menjabat. Srettha Thavisin, yang dikenal cukup vokal dalam mendukung komunitas LGBTQ.

Artikel Terkait

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...