Waspada, Jangan Konsumsi Makanan ini Bersama Telur

Pisang adalah salah satu makanan yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan telur. (Foto: Ist)

FT News – Telur adalah salah satu bahan makanan yang umum digunakan oleh masyarakat. Telur dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik. Selain itu, telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral lain seperti vitamin D, A, B dan fosfor.

Selain memiliki rasa yang lezat, telur juga bisa diolah menjadi beragam makanan. Mulai dari direbus, digoreng sampai dikukus.

Namun ternyata, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan telur. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan telur.

  1. Teh

Teh cocok dinikmati di segala kesempatan tak terkecuali di pagi hari. Namun, jika teh dikombinasikan dengan telur saat sarapan ternyata bisa memicu masalah kesehatan seperti sembelit hingga meningkatnya produksi asal lambung.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition juga menemukan, minum teh dengan telur dapat mengurangi jumlah protein yang diserap hingga 17 persen.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai juga menjadi salah satu sumber asupan protein nabati terbaik. Namun, dilansir dari Times of India, asupan protein terlalu tinggi akan memperlambat penyerapan protein di dalam tubuh.

Susu kedelai adalah makanan yang tidak diperbolehkan dikonsumsi bersamaan dengan telur. (Foto: Ist)
  1. Pisang

Jika kita termasuk rutin mengonsumsi telur dan pisang secara bersamaan, maka ini adalah saatnya untuk berhenti dan mempertimbangkan kembali. Kombinasi kedua makanan ini dapat menyebabkan kembung dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Kedua makanan ini bisa disantap secara terpisah untuk menghindari berbagai risiko.

  1. Produk Susu

Telur dan susu termasuk menu yang biasa dikonsumsi saar sarapan. Namun, ternyata kombinasi dari kedua makanan ini adalah hal yang perlu dihindari. Dikutip dari India Times, mengonsumsi kedua makanan ini akan memicu masalah pencernaan.

  1. Gula
BACA JUGA:   Hobi Nge-”vape”: Wanita Ini Kapok, Paru-parunya Kolaps

Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan telu adalah gula. Mengonsumsi gula dan telur secara bersamaan bisa menjadi racun dan memicu pembentukan gumpalan darah pada tubuh.

  1. Daging

Daging termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan telur. Daging memiliki banyak nutrisi termasuk lemak dan protein. Dengan mengonsumsi telur dan daging dipercaya akan mempersulit proses pencernaan sehingga menjadi pemicu rasa lelah setelah makan.

Kombinasi makanan yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan telur. (Foto: Ist)
  1. Jeruk

Makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan dengan telur adalah jeruk. Kandungan asam dalam sitrus di buah jeruk bisa membekukan telur saat dimasak bersamaan. Jadi, ada baiknya untuk mengonsumsi salah satunya saja. 

Artikel Terkait