Survei Poltracking Indonesia Ungkap Anak Abah Pilih Rido, Kok Bisa?

FTNews – Survei terbaru yang dilaksanakan Poltracking Indonesia menunjukkan pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar cenderung memilih calon gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (Rido).

Jajak pendapat ini bertajuk ‘Peta Elektoral Pilkada Jakarta 2024: Pertarungan Para Mantan’ yang terlaksana pada 9-15 September 2024.

Juru bicara Rido, Muhammad Kholid menggunakan ada kesalahpahaman profil antara Ridwan Kamil dan Anies Baswedan.

Pasangan calon gubernur Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Dialog Para Cagub & Cawagub DKI 2024-2029 bersama Forum Purna Pejabat Pemda DKI Jakarta di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis (26/9). FTNews/Muhamad Nur Alfiyan

Sebanyak 45,4% pemilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024 yang berdomisili di Jakarta cenderung memilih Ridwan Kamil-Suswono.

“Profil Ridwan Kamil dan Anies Baswedan sama-sama memiliki kompetensi dan rekam jejak sebagai gubernur. Ini yang jadi perhatian masyarakat,” ujar Kholid dikutip Sabtu (28/9).

Kholid juga menyoroti kesamaan konstituen pemilih Anies yang berasal dari Koalisi Perubahan dalam Pemilihan Presiden 2024.

“Basis pemilih dari Mas Anies adalah PKS, Nasdem, dan PKB yang saat ini juga menjadi pengusung pasangan Ridwan Kamil-Suswono,” tambahnya.

Ridwan Kamil di Sanggar Opet Robet, Taman Mini, Jakarta Timur, Rabu (25/9). FTNews / Muhamad Nur Alfiyan

Lebih lanjut, pemilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pun ikut memilih pasangan Rido.

Survei Poltracking juga menunjukan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono lebih tinggi dari dua calon lainnya.

Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono berada pada angka 47,5%, mengungguli dua paslon lainnya, yakni Pramono Anung-Rano Karno sebesar 31,5%, dan elektabilitas Dharma Pongrekung-Kun Wardana hanya 5,1%.

Artikel Terkait