Rekomendasi Martabak Sultan dengan Topping Melimpah di Jakarta

FT News – Martabak merupakan sebuah hidangan yang menggugah selera masyarakat dari berbagai kalangan. Baik martabak manis maupun martabak telur, hidangan ini menjadi favorit di berbagai sudut jalan, dari kota besar hingga pedesaan.

Sejarah martabak di Indonesia memiliki akar yang beragam. Martabak telur, yang dikenal dengan adonannya yang gurih dan berisi daging serta rempah, berasal dari Timur Tengah.

Sedangkan martabak manis, yang dikenal dengan tekstur lembut dan topping beragam seperti coklat, kacang, atau keju, diyakini berasal dari pengaruh kuliner Tionghoa. Kedua jenis martabak ini kini menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia.

Di Jakarta, terdapat sejumlah lokasi martabak sultan yang wajib dicoba pecinta kuliner. Seperti namanya, martabak sultan jadi istimewa karena toppingnya yang melimpah dan terdapat banyak variasi rasa.

Melansir indopop.id, berikut rekomendasi martabak sultan Jakarta yang wajib dicoba:

Martabak. [Instagram]
1. Martabak Pecenongan 78

 

Martabak Pecenongan 78 yang mengklaim sebagai pelopor “Martabak Sultan,” telah menjadi salah satu destinasi kuliner legendaris di Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1960-an, martabak ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota, dengan salah satu yang terkenal berada di Jalan Pecenongan No. 62, Gambir, Jakarta Pusat.

Pecenongan 78 menawarkan berbagai varian martabak manis klasik hingga kekinian. Selain itu, Pecenongan 78 juga menyediakan martabak asin.

2. Martabak Bangka Akim

Martabak Bangka Akim berlokasi di Jl. Tanjung Raya No. 45, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Salah satu yang jadi menu andalan utama antara lain ada Martabak Klasik yang sempat viral beberapa tahun lalu.

Penjual pun tak tanggung-tanggung dalam memberikan topping di atas martabak hingga penuh. Boleh banget diberikan ke camer saat apel pacar.

BACA JUGA:   Berikan Makanan Ini Agar Anak Cerdas Saat Masa Pertumbuhan

martabak
Martabak. [Ist]
3. Martabak Pizza Orins

 

Martabak Pizza Orins yang juga menawarkan topping melimpah. Salah satu menu favorit adalah Martabak Pizza yang menghadirkan beragam topping dalam satu porsi martabak.

Tak cuma martabak manis, Pizza Orins juga menyediakan menu martabak telur (asin). Alamatnya di Jalan Taman Cut Mutiah, No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.

4. Sinar Bulan

Martabak Sinar Bulan yang dikenal karena toppingnya yang tak pernah pelit topping ke pelanggan. Untuk masalah harga, martabak satu ini memang memiliki harga juah jauh di atas rata-rata.

Bagi pecinta kuliner yang ingin mampir, bisa datang ke Jl. Muwardi II No. 13, Grogol, Pertamburan, Jakarta Barat.

Artikel Terkait